Mohon tunggu...
Siti Habibah
Siti Habibah Mohon Tunggu... Mahasiswa - Mahasiswa

Saya seorang mahasiswa di Universitas Islam Negeri Semarang yang sedang menempuh pendidikan S1 kimia

Selanjutnya

Tutup

Ilmu Sosbud & Agama

Cara Seru Meningkatkan Kemampuan Bahasa Inggris

28 November 2021   13:42 Diperbarui: 28 November 2021   14:03 82 1 0
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Lihat foto
Ilmu Sosbud dan Agama. Sumber ilustrasi: PEXELS

        Pada era globalisasi dan teknologi yang semakin canggih membuat jarak antar negara semakin kecil. Sekarang kita dapat menemukan orang-orang dari berbagai macam negara dengan mudah di berbagai platform aplikasi media sosisal. Dengan aplikasi tersebut kita bisa berkenalan dengan orang-orang di berbagai negara dengan sangat mudah. Untuk dapat berbicara dengan orang-orang baru di media sosial, kita perlu untuk mengerti bahasa mereka atau setidaknya mengerti bahasa Inggris. Persoalan bahasa ini semakin krusial mengingat banyak sekali perusahaan yang mencari pekerja dengan kualifikasi lancar dalam berbahasa Inggris.

     Untungnya sekarang banyak penyedia aplikasi yang dapat membantu anda dalam berbahasa Inggris. Aplikasi-aplikasi tersebut memudahkan kita untuk mengerti bahasa lainnya. Namun tahukah anda ada cara menyenangkan lainnya dalam belajar bahasa Inggris? Cara lain yang bisa anda coba adalah belajar bahasa Inggris lewat film yang menggunakan terjemahan bahasa Inggris.

     Sebuah jurnal penelitian di Indonesia mendapatkan hasil, dari 70 sampel siswa SMK dengan pembagian 35 siswa diberikan film dengan terjemahan bahasa Inggris dan 35 siswa diberikan film dengan terjemahan bahasa Indonesia. hasilnya adalah siswa yang diberi film dengan terjemahan bahasa Inggris mendapatkan nilai mean 85,5 sementara siswa yang diberi film dengan terjemahan bahasa Indonesia  mendapatkan nilai mean 74,6 (Siti Nurrahmah : 01).

      Melalui penelitian tersebut kita dapat simpulkan bahwa penggunaan film bahasa Inggris dapat meningkatkan kemampuan berbahasa kita lebih signifikan daripada dengan terjemahan bahasa Indonesia. Hal ini sangat masuk akal mengingat saat kita menonton sebuah film dengan terjemahan bahasa Inggris kita akan mengingat-ingat apa saja kosa kata yang ada dalam film. Telinga kita akan fokus dengan apa yang diucapkan para tokoh di film, sehingga tanpa sadar kita telah meningkatkan kemampuan kita dalam berbahasa Inggris. Maka dari itu menonton film dengan terjemahan bahasa Inggris sangat patut dicoba karena selain kita dapat menonton keseruan dari film kita juga dapat belajar bahasa Inggris.

Mohon tunggu...

Lihat Konten Ilmu Sosbud & Agama Selengkapnya
Lihat Ilmu Sosbud & Agama Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
VIDEO PILIHAN
LAPORKAN KONTEN
Alasan