Mohon tunggu...
Ahmadi Pramuja
Ahmadi Pramuja Mohon Tunggu... ""Sekedar Hoby""

Assalamualaikum temen-temen kenalin nama gua itu tu di atas gua bebas mau di panggil apa mau Ahmad terserah or pram up to you hhh sokk pede

Selanjutnya

Tutup

Birokrasi

ICMI, Jembatan Soeharto Dapatkan Dukungan Umat Islam

23 Maret 2020   01:17 Diperbarui: 23 Maret 2020   01:11 26 0 0 Mohon Tunggu...
Lihat foto
ICMI, Jembatan Soeharto Dapatkan Dukungan Umat Islam
https://www.brilio.net/

# Catatan sejarah, soeharto gaet islam politik

Sebelum tagun 1990 tepatnya pada awal orde baru ABRI sangat solid dengan kepemimpinan p soeharto namun setelah tahub 1990 soeharto sudah mulai menganggap ABRI tak lagi solid mendukung nya. Hal ini dikarenakan Benny Moerdani diisukan akan melakukan tindakan kudeta. Kejadian ini tentu mengharuskan soeharto butuh kekuatan baru untuk mendukung kekuasaannya.

Untuk mewujudkan keinginan soeharto

Akhirnya soeharto mendirikan ikatan cendekiawan muslim Indonesia atau yang biasa dikenal dengan sebutan (ICMI) tepatnya pada Desember 1990 di malang.

Disaat semua mayoritas umat Islam berhasil mendapatkan dukungan dari pemerintah karena tercetus nya kelompok ICMI yang memang skenario soeharto. gusdur mala sebaliknya dan menggangap ini hanyalah permainan api politik soeharto yang justru mengancam persatuan Indonesia.

Dengan situasi yang terbilang sengit, Gusdur kemudian mendirikan forum Demokrasi (fordem) bersama 40slalu intelektual lintas agama Untuk melakukan perlawanan gagasan kepada soeharto.

 Fordem slalu mengkritik keras ICMI tentu dengan alasan karna ICMI sektarian tapi disisi lain ICMI hanyalah sebagai alat untuk mengkritisi hal yang sangat besar yaitu soeharto.

VIDEO PILIHAN