Mohon tunggu...
Gun Gun Malisuwarna Gumelar
Gun Gun Malisuwarna Gumelar Mohon Tunggu... Guru - SD Negeri 1 Rajamandalakulon - Bandung Barat

Good education produces a noble civilization

Selanjutnya

Tutup

Pendidikan Artikel Utama

Program Pembiasaan yang Berdampak pada Murid di SDN 1 Rajamandalakulon

16 September 2022   04:14 Diperbarui: 16 September 2022   14:00 298 17 1
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Kegiatan Pembiasaan ini sebagai program yang akan turut membantu perwujudan pendidikan karakter bangsa. (Pexels/Olia Danilevich)

Waktu menunjukkan pukul 06.45 WIB. Tampak beberapa siswa dan siswi bahu-membahu menggelar sejumlah karpet di pelataran lapangan upacara sekolah. Tak lama berselang, dengan tertibnya para siswa perlahan mulai memadati lapangan upacara sambil membawa buku bacaan masing-masing. 

Hari itu, hari Selasa bertepatan dengan jadwal pembiasaan literasi sekolah. Sebuah program pembiasaan bagi siswa, siswi, guru dan tenaga kependidikan sebelum proses pembelajaran dimulai. 

Semenjak pembelajaran tatap muka digulirkan seratus persen, sekolah kami SDN 1 Rajamandalakulon yang terletak di Kecamatan Cipatat Kabupaten Bandung Barat kembali bergeliat menata dan melaksanakan beberapa program pembiasaan sekolah yang sempat tersendat karena pandemi Covid-19 yang berdampak sangat masif dalam sendi-sendi kehidupan.

SDN 1 Rajamandalakulon terletak di jantung kota Kecamatan Cipatat, tepat di samping Pasar Lama Rajamandala, yang setiap harinya penuh sesak dikunjungi pembeli. Para pembeli yang tumpah ruah hingga ke bahu jalan tak sedikit menimbulkan kemacetan. 

Namun hal itu tak menyurutkan antusiasme masyarakat untuk menyekolahkan anak-anaknya ke sekolah kami. Apalagi sekolah kami termasuk salah satu sekolah favorit dengan segudang prestasi mulai dari tingkat kecamatan hingga kabupaten. 

Di samping itu, melalui penelusuran alumni, sekolah kami pun termasuk salah satu penyumbang sumber daya manusia produktif yang bekerja di sektor rill pendidikan, industri, jasa, intansi pemerintah dan lain sebagainya.

Dalam upaya meningkatkan lulusan-lulusan yang berkualitas, baik akademik maupun non akademik termasuk pembelajaran moral dan etika, sudah sepatutnya sekolah kami menjadi salah satu bagian dari tri sentra pendidikan yang diprakarsai Ki Hadjar Dewantara. 

Selain alam keluarga dan alam pergerakan pemuda, sekolah sebagai pusat perguruan/pendidikan harus mampu menjadi penopang yang selalu bersinergi dengan alam keluarga dan pergerakan pemuda serta mampu mengintegrasikan hasil proses pendidikan yang berkualitas tersebut dalam kehidupan nyata bagi para lulusannya. Atas dasar itulah sekolah kami mengembangkan beberapa program sekolah salah satunya melalui kegiatan rutin pembiasaan sebagai berikut.

Senin Udara Bersih (Upacara Bendera Berdisiplin dengan Gigih)

Kegiatan rutin awal pekan pembelajaran diawali dengan pembiasaan Upacara Bendera hari Senin. Sama halnya dengan sekolah-sekolah pada umumnya, sekolah kami pun menjadikan kegiatan upacara bendera hari Senin sebagai kegiatan pembiasaan yang diharapkan mampu membantu meningkatkan kedisiplinan, ketertiban dan rasa cinta tanah air. 

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
  4. 4
  5. 5
Mohon tunggu...

Lihat Konten Pendidikan Selengkapnya
Lihat Pendidikan Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!

Video Pilihan

LAPORKAN KONTEN
Alasan