Mohon tunggu...
Isur Suryati
Isur Suryati Mohon Tunggu... Guru - Menulis adalah mental healing terbaik

Mengajar di SMPN 1 Sumedang, tertarik dengan dunia kepenulisan. Ibu dari tiga anak. Menerbitkan kumpulan cerita pendek berbahasa Sunda berjudul 'Mushap Beureum Ati' (Mushap Merah Hati) pada tahun 2021. Selalu bahagia, bugar dan berkelimpahan rejeki. Itulah motto rasa syukur saya setiap hari.

Selanjutnya

Tutup

Ruang Kelas Pilihan

Demonstrasi Kontekstual Modul 3.3 Pengelolaan Program yang Berdampak Pada Murid

8 Maret 2024   21:09 Diperbarui: 8 Maret 2024   21:13 16778
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Pentingnya mengelola program dengan dampak signifikan pada murid dalam konteks pendidikan saat ini, menurut saya tidak boleh diabaikan. Modul 3.3 Pengelolaan Program yang berdampak pada murid menjadi poin sentral dalam menghubungkan teori dengan implementasi praktis. 

Dalam tulisan ini, adalah catatan tugas saya,  akan menjelajahi bagaimana demonstrasi kontekstual dari modul tersebut dapat memberikan wawasan mendalam dan merangsang pemahaman yang lebih baik terhadap strategi pengelolaan program yang berfokus pada kesejahteraan dan perkembangan siswa.

Tujuan Pembelajaran Khusus: 

CGP dapat mengembangkan ide kolaboratif menjadi prakarsa perubahan melalui perencanaan program/kegiatan menggunakan model manajemen perubahan BAGJA.

Pertanyaan Pemantik:

1. Bagaimana kerangka BAGJA mendukung perencanaan program/kegiatan di berbagai aspek kurikuler dan ekstrakurikuler?
2. Apa pertimbangan kunci dalam menyusun perencanaan program/kegiatan intrakurikuler, ko-kurikuler, atau ekstrakurikuler?
3. Siapa yang perlu terlibat dalam menyusun perencanaan program/kegiatan, termasuk pemangku kepentingan di dalam dan di luar sekolah?
4. Bagaimana strategi efektif untuk memobilisasi dukungan, memandu dialog, dan mendorong kolaborasi di antara murid, guru, kepala sekolah, dan anggota komunitas?

Jawaban

1. Kerangka BAGJA memberikan panduan komprehensif untuk perencanaan program/kegiatan di lingkungan sekolah, termasuk intrakurikuler, ko-kurikuler, atau ekstrakurikuler. 

2. Langkah-langkah dan pertanyaan dalam manajemen perubahan BAGJA memastikan pertimbangan menyeluruh, mulai dari definisi ekstrakurikuler yang sesuai, pengembangan kompetensi, hingga pemanfaatan aset dan kekuatan, serta karakteristik lingkungan yang mendukung kepemimpinan murid.

3. Keterlibatan murid, guru, kepala sekolah, dan anggota komunitas sekolah adalah kunci dalam menyusun perencanaan. Dukungan, dialog, dan kolaborasi mendorong keberhasilan implementasi program/kegiatan.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
  4. 4
  5. 5
Mohon tunggu...

Lihat Konten Ruang Kelas Selengkapnya
Lihat Ruang Kelas Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun