Finansial

6 Tips Investasi yang Tidak Boleh Dilewatkan Millennials

11 Juli 2018   10:30 Diperbarui: 11 Juli 2018   10:45 458 0 0
6 Tips Investasi yang Tidak Boleh Dilewatkan Millennials
pixabay.com

Apakah anda memiliki keinginan untuk melakukan investasi namun tidak tahu ingin memulai dari mana? Apakah anda sudah melakukan investasi awal namun ingin mempunyai informasi lebih untuk mendalami investasi tersebut?

Di bawah ini merupakan tips-tips berinvestasi yang sangat berguna bagi para pemula khususnya millennials.

1. Mengetahui profil risiko dan menguranginya melalui diversifikasi

Profil risiko yang dimaksud adalah seberapa besar toleransi anda terhadap risiko atau seberapa besar risiko yang siap anda terima. Setelah mengetahui profil risiko anda, anda dapat berinvestasi sesuai profil risiko tersebut. Dapat dilakukan metode diversifikasi terhadap produk investasi anda sehingga risiko anda semakin terminimalisir.

2. Waspada terhadap biaya tersembunyi dalam investasi

Produk investasi memiliki biaya yang terdiri dari biaya operasional, biaya jual beli dan biaya administrasi. Dalam hal ini, apabila biaya yang dikenakan kepada Anda naik sebesar 1%, dana yang seharusnya Anda miliki akan berkurang hingga 45% dalam waktu 30 tahun. Oleh karena itu, penting untuk mempelajari lebih lanjut mengenai biaya tersembunyi apa saja yang harus dibayarkan untuk produk investasi Anda.

3. Perencanaan Keuangan yang baik 

Merencanakan keuangan mulai dari sekarang contohnya seperti mulai menabung atau berinvestasi untuk mencapai tujuan-tujuan di masa mendatang (traveling, membangun bisnis, maupun kebebasan finansial). Dengan melakukan perencanaan keuangan yang baik, maka tujuan-tujuan tersebut dapat Anda capai.

unsplash.com
unsplash.com

4. Mengenal lebih jauh jenis produk investasi yang sesuai dengan profil Anda

Untuk melakukan investasi, Anda tentu memerlukan uang dan waktu yang berharga, oleh karena itu penting untuk mengetahui lebih dalam terhadap produk investasi yang sesuai dengan profil Anda. Jangan pernah investasi terhadap sesuatu yang tidak Anda kenali dengan baik hanya karena produk tersebut memberikan imbalan yang tinggi.

5. Mempunyai gaya hidup seimbang

Mengurangi perilaku konsumtif yang berlebihan dan yang tidak mendesak, serta hanya membeli barang yang dibutuhkan merupakan salah satu contoh dari gaya hidup seimbang. Apalagi ditambah dengan globalisasi yang memberikan kemudahan akses untuk membeli produk-produk menjadi semakin mudah. Dengan melakukan hal tersebut, Anda dapat menginvestasi ataupun menabung sehingga tujuan jangka panjang Anda juga dapat tercapai.

6. Menerapkan strategi pasif untuk mengurangi pajak

Melakukan investasi dengan strategi pasif. Dengan melakukan investasi pasif ini, dapat mengurangi pajak hingga 50x dibandingkan dengan investasi strategi aktif. Oleh karena itu, penting untuk mengetahui strategi investasi pasif sebelum Anda melakukan investasi.

Jika ingin mengetahui lebih lanjut mengenai "Rahasia Investasi Mudah Bagi Millennials" silahkan download Ebook pada link ini: