Mohon tunggu...
Finansial

Cara untuk Mengetahui Seberapa Besar Asuransi Jiwa yang Sebenarnya Anda Perlukan

10 Juli 2018   11:21 Diperbarui: 10 Juli 2018   11:28 475 0 0 Mohon Tunggu...
Cara untuk Mengetahui Seberapa Besar Asuransi Jiwa yang Sebenarnya Anda Perlukan
www.pexels.com

Produk asuransi jiwa dapat memastikan kelangsungan hidup orang-orang yang Anda dicintai jika sesuatu terjadi pada Anda. Namun seringkali keuntungan yang diterima tidak sebanyak pengeluaran yang dilakukan. Untuk menghindari hal ini, dapat dilakukan kalkulasi atas seberapa besar asuransi jiwa yang sebetulnya Anda perlukan.

Quick bites:

  • Seberapa besar asuransi jiwa yang dibutuhkan, ditentukan dari kondisi kehidupan yang sedang dijalani.
  • Melakukan penentuan akan kebutuhan asuransi jiwa dan hanya mengambil proteksi sesuai dengan apa yang dibutuhkan.

Pertanyaan terbesar adalah seberapa besar asuransi jiwa yang diperlukan sehingga dapat memaksimalkan antara kebutuhan dan pembayaran yang dikeluarkan untuk proteksi tersebut.

1. Tentukan situasi pribadi dan risiko yang hendak dimitigasi

Tidak semua milenial perlu mempunyai asuransi jiwa. Aspek penting yang menentukan keperluan proteksi bagi kehidupan merupakan adanya tanggungan dan jumlah simpanan yang ada. 

Tanggungan

Dalam situasi yang ada, semakin banyak tanggungan (contoh: istri dan anak), semakin Anda memerlukan asuransi jiwa untuk memastikan kelangsungan hidup orang yang dicintai jika terjadi hal yang tidak direncanakan. Hal ini mencakup millenials yang baru saja mempunyai anak, hendak berkeluarga, atau keluarga yang mempunyai 1 penghasil pokok utama. Hal yang sering terlewatkan adalah keluarga yang hanya mempunyai 1 penghasil pokok utama akan menjadi tanggungan dari millenials tersebut sehingga mereka membutuhkan asuransi jiwa.
Jika belum mempunyai tanggungan, asuransi jiwa tidaklah mendesak. Uang yang dipunya dapat diinvestasikan dalam berbagai macam produk investasi yang cocok untuk Anda.

www.sage.com
www.sage.com
Tabungan

Sama halnya dengan jumlah simpanan yang dilakukan setiap bulannya. Millenials yang mempunyai simpanan dengan jumlah yang tinggi, tidak begitu memerlukan asuransi jiwa. Hal ini dapat berubah ketika Anda mempunyai tanggungan, apakah simpanan tersebut (walaupun sudah cukup tinggi) dapat menutup kebutuhan tanggungan Anda dimasa mendatang.

Aspek Lain

  1. Jumlah Utang yang ada
  2. Jumlah pengeluaran setiap bulannya
  3. Rencana simpanan dalam jangka panjang
  4. Seberapa banyak pemasukan yang diperlukan oleh tanggungan Anda

2. Jenis Asuransi Jiwa yang cocok dengan kebutuhan

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
VIDEO PILIHAN
KONTEN MENARIK LAINNYA
x