Mohon tunggu...
GSC
GSC Mohon Tunggu... Seseorang yang senang menambah pengetahuan dan menyebarkannya.

Seseorang yang senang menambah pengetahuan dan menyebarkannya.

Selanjutnya

Tutup

Bisnis Pilihan

Memulai Usaha di Masa Pandemi

13 Juni 2020   13:17 Diperbarui: 16 Juni 2020   08:19 246 0 0 Mohon Tunggu...

Meskipun masa PSBB saat ini dilonggarkan, bukan berarti keadaan kembali normal dan virus sudah hilang. Itu adalah pemikiran yang salah. Yang benar adalah, saat ini perekonomian harus tetap dilanjutkan walau kita masih berusaha untuk menanggulangi virus Covid-19 yang kasat mata. 

Susah memang melawan musuh yang tidak terlihat mata, namun dengan tetap mematuhi protocol kesehatan yang disarankan oleh pemerintah secara disiplin, kita pasti bisa menang melawan Covid-19. 

Namun sampai kapan kita harus bertahan di tengah pandemic? Banyak yang mata pencahariannya berkurang atau bahkan bangkrut di tengah masa ini, lalu bagaimana kita menggerakkan roda ekonomi demi keberlangsungan kehidupan bermutu ke depannya? Salah satu kata kuncinya adalah kesiapan dan inovasi usaha.

Jangan menuggu kehilangan pekerjaan terlebih dahulu untuk memulai usaha, karena meskipun banyak sektor perekonomian menjadi layu di masa pandemic.

Namun dengan adanya perubahan gaya hidup dan ketidaktentuan masa depan yang saat ini membayang maka ada banyak juga peluang usaha yang bisa anda coba. Namun tentunya, seperti yang saya sebutkan di atas tadi, salah satu kuncinya adalah kesiapan dan inovasi usaha. Maksudnya, anda harus benar-benar telah memperhitungkan langkah tersebut, menghitung untung rugi, dan terus mencari peluang penghasilan.

Pertama, silahkan anda cek dulu kondisi keuangan anda, karena stiap usaha pasti membutuhkan modal. Cek dulu apakah kebutuhan usaha anda bisa tercover dengan kondisi keuangan anda saat ini? 

Untuk memasarkan usaha anda, saat ini banyak sekali pilihan online, anda bisa memasarkan lewat social media atau membuat website. Media tersebut juga menyediakan 2 pilihan, ada yang gratis dan berbayar. Sesuaikan saja dengan keuangan anda dan maksimallah dalam menggunakannya.

Kedua, anda harus melakukan cek ricek terlebih dahulu terhadap kebutuhan masyarakat. Dengan adanya pandemic ini, banyak orang menghabiskan lebih banyak waktu di rumah, banyak yang lebih memilih belanja online untuk memenuhi kebutuhan sehari-hari. 

Banyak juga yang menemukan hobi baru karena banyaknya waktu luang, seperti memasak, merawat tanaman, berolahraga atau membuat kerajinan tangan. Anda bisa mengambil celah usaha dalam memenuhi kebutuhan tersebut dengan sistem online.

Dan yang ketiga, berinovasi. Pastinya, tidak sedikit yang mencoba membuka usaha baru di tengah pandemic ini, agar usaha anda menarik perhatian lebih anda harus berinovasi. 

Misalkan anda membuka usaha delivery order bahan baku pangan, anda bisa memberikan promo free ongkir dengan pembelanjaan di atas sekian rupiah, atau memberikan bonus free masker untuk jumlah pembelanjaan tertentu, dll.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
VIDEO PILIHAN