Mohon tunggu...
Kognisi.id
Kognisi.id Mohon Tunggu... Administrasi - Learning Platform by Growth Center part of Kompas Gramedia

Providing a convenient, insightful, and collaborative learning experience

Selanjutnya

Tutup

Worklife Pilihan

Saatnya Memulai Karir Sebagai Social Media Specialist!

6 Maret 2024   11:34 Diperbarui: 6 Maret 2024   17:36 463
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Sumber gambar: blog.kognisi.id

Semua demi konten, katanya. Di dunia digital yang berkembang pesat seperti saat ini, media sosial memang sudah menjadi bagian dari gaya hidup. Tidak jarang kita melihat orang-orang kerap sibuk dengan gadgetnya sambil mengabadikan momen. Bahkan banyak brand dan perusahaan besar saat ini yang mulai aktif di media sosial. Perubahan perilaku ini ternyata juga seiring dengan berkembangnya pekerjaan-pekerjaan baru yang mengikuti zaman. Social Media Specialist sebagai contohnya!

Kenalan dengan Social Media Specialist, Si Jago Konten!

Social Media Specialist adalah seseorang yang bertanggung jawab untuk mengelola akun media sosial pada sebuah perusahaan atau organisasi. Jadi, tugas para social media specialist berpusat pada platform media sosial, seperti Tiktok, Instagram, Facebook, Twitter, Youtube, dan masih banyak lainnya sesuai dengan kebutuhan perusahaan. 

Karena memegang satu atau beberapa akun media sosial milik perusahaan, tugas seorang social media specialist tidak hanya membuat konten. Tapi, ada beberapa jobdesk lain yang menjadi tanggung jawabnya, yaitu:

  • Menyusun strategi media sosial : melakukan riset untuk mengidentifikasi target audiens atau mempelajari bentuk unggahan yang efektif dan menarik. Tujuan dari penyusunan strategi ini tentunya untuk meningkatkan performa dari akun media sosial yang dikelola.

  • Membuat content planning : yaitu perencanaan konten secara berkala baik berupa bentuk konten, caption, thumbnail, atau hal lain yang dibutuhkan. Biasanya para social media specialist juga memiliki kalender atau jadwal tersendiri untuk content planning ini.

  • Mengeksekusi konten : bagian paling utama yaitu membuat konten itu sendiri sesuai dengan content planning dan riset dari strategi media sosial yang telah dilakukan. 

  • Menganalisis data dan insight media sosial : beberapa media sosial sudah menyediakan fitur insight yang membantu social media specialist untuk melihat performa akun. Selanjutnya, tugas mereka adalah menganalisis dan membuat laporannya secara berkala sebagai bahan evaluasi. 

  • Melakukan community management : yaitu kegiatan berkomunikasi langsung dengan audiens secara berkala, hal ini dapat membuat akun lebih aktif dan mendapat feedback lebih banyak dari audiens melalui berbagai bentuk konten yang diunggah.

Baca Juga: Citizen Journalism: Berkarir di Sosial Media

Prospek Karir bagi Social Media Specialist

Setelah mengetahui apa saja peran social media specialist, kamu mungkin bertanya-tanya bagaimana memulai karir di bidang ini serta prospek karirnya kedepannya. Untuk itu, inilah jenjang dan prospek karirnya.

Social Media Specialist Junior

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...

Lihat Konten Worklife Selengkapnya
Lihat Worklife Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun