Mohon tunggu...
Gilang Surya Nugraha
Gilang Surya Nugraha Mohon Tunggu... jalani hidup ini dengan senyuman

Mahasiswa Ilmu Komunikasi UIN Sunan Kalijaga 20107030098

Selanjutnya

Tutup

Travel

Surga Eksotis yang Tersembunyi di Selat Jawa

20 Juni 2021   19:50 Diperbarui: 20 Juni 2021   20:05 161 3 0 Mohon Tunggu...
Lihat foto
Surga Eksotis yang Tersembunyi di Selat Jawa
Merdeka.com

Keindahan Indonesia memang tiada bandingnya. Pasalnya, keindahan alam itu dari timur hingga barat, dari pegunungan hingga dataran rendah, dari pantai hingga laut. Karimun Jawa adalah objek wisata nusantara yang merupakan bagian dari Taman Nasional Karimun Jawa di Laut Jawa dan bagian dari pemerintahan Jepara di Jawa Tengah. Tempat wisata ini terdiri dari daratan dan lautan, dengan luas sekitar 1.500 hektar dan luas perairan sekitar 110.000 hektar. Industri pariwisata di Karimun Jawa berkembang sangat pesat, tidak terlepas dari dukungan pemerintah daerah.

Upaya pengembangan potensi wisata daerah terus dilakukan, dan industri pariwisata di Karimun Jawa masih diminati wisatawan lokal maupun mancanegara. Kepulauan Karimun Jawa merupakan surganya para penyelam (driver). Ia juga memiliki beberapa julukan, salah satunya adalah Java Paradise, karena di Karimun Jawa  terdapat kawasan yang masih asri. Pulau-pulau tersebut juga dibatasi oleh pantai pasir putih yang halus.

Karena terlalu banyak objek wisata yang bisa dieksplor. Salah satunya adalah Pulau Karimun Jawa di Jepara. Pulau Karimun Jawa adalah sebuah kepulauan yang terdiri dari 27 pulau, tetapi hanya sekitar 5 pulau yang dapat dihuni dan didiami karena datarannya penuh dengan sumber daya manusia dan murni, cukup untuk memenuhi kebutuhan masyarakat sekitar dan menjamin keamanan. Karena bentuknya yang nusantara, Karimun Jawa tentu bisa memberikan pemandangan laut dan pulau yang indah, menambah keindahan saat matahari terbit atau terbenam. Pulau-pulau ini dinyatakan oleh negara sebagai salah satu taman nasional Indonesia pada tahun 2001. Pulau ini termasuk ke dalam wilayah Japar, 83 kilometer sebelah utara ibu kota Jepara.

Karimunjawa adalah pemandangan yang luar biasa untuk berwisata di Java Ocean Park. Karimun Jawa adalah rumah bagi terumbu karang. Pemeringkatan, mangrove, hutan pantai dan kurang lebih 400 spesies hewan laut, termasuk 242 spesies ikan hias.Beberapa hewan langka adalah elang laut dada putih, penyu sisik dan penyu hijau. Karimun Jawa adalah salah satu dari jutaan tempat wisata di Indonesia yang wajib kamu kunjungi. Untuk menuju tempat wisata Karimun Jawa tidaklah sulit, hanya membutuhkan waktu 4-6 jam dari pelabuhan Kartini, kemudian naik kapal Muria dengan biaya 60.000,00 rupiah dan angkutan ekspres 150.000,00 rupiah.

Karimun berasal dari kata Kremun yang artinya kabur (samar-samar), karena kalau ke pulau, mereka bilang pulaunya mirip Kremun atau kabur. Inilah cerita Karimun Jawa pertama yang dipercaya masyarakat. Letak dan letak Pulau Karimun Jawa sama dengan bagian Pulau Karimunjawa terdiri dari beberapa pulau atau dataran lainnya. Diantaranya : Pulau Karimun Jawa seluas 4.302 hektar, Pulau Menjiangan luas, Pulau Menjiangan kecil, Pulau Genting, Pulau Meniyahuacan, Pulau Geleng, Pulau Seruni, Sambangan, Da Songdao, Xiao Songdao, Pulau Burung adalah Pulau Batu terakhir. Keindahan Kali Mon Jawa, Japara6 memiliki 12 pulau, yang terkecil hanya 0,5 hektar yaitu Pulau Batu.

Anda akan merasa nyaman dengan keindahan alam yang ada di Karimun Jawa, karena butuh waktu lama untuk pulau ini disebut sebagai Java Paradise. Berdasarkan letak geografis Karimunjawa, terletak di Laut Utara sebelah utara Jepara, Jawa Tengah. Pulau ini terdiri dari 27 pulau, 5 diantaranya merupakan pulau berpenghuni dan sisanya tidak berpenghuni. Pulau-pulau yang sudah berpenghuni adalah Pulau Damen Jiangan dan Pulau Xiaolu, Pulau Kemuran, Pulau Karim Jawa, Pulau Nyamuk dan Pulau Palang. Ada pantai berpasir putih. Pulau-pulau ini populer di kalangan wisatawan karena keindahan alamnya. Tidak memakan waktu lama untuk mengunjungi Pulau Karimun Jawa.

Mengunjungi beberapa pulau sekaligus, karena dekat dengan Pulau Karimun Jawa sangat menawan.Selain itu,ada beberapa tempat wisata bahari yang bisa anda kunjungi,membuat Anda serasa berada di Karim Jawa. , Anda bisa menikmati berbagai aktivitas laut dalam waktu yang lama, termasuk penangkaran hiu di Pulau Menjangan Besar yang berjarak 1 km dari pelabuhan Kali Mon Jawa, hingga 30 menit. tahun. Ada dua jenis hiu: hiu putih besar dan hiu hitam.

Pemerintah Jepara pasti akan mengelola Pulau Karimun Jaawa bersama para pejabat senior. Arif Rahman, SE beserta karyawannya. Struktur organisasi Pulau Karimun Jawa masih merupakan perpaduan antara pemerintahan dan adat. Juga mudah untuk sampai ke Pulau Karimun Jawa. Area Jepara atau Pu Cessna dari Bandara Semarang, festival dan kegiatan tradisional di Pulau Karimun Jawa biasanya  ada dua festival besar yang diadakan di pulau Karimun Jawa, antara lain: Festival Balikanjibulo. Bagi masyarakat, Festival Baligan merupakan festival sakral dan penting yang telah berlangsung secara turun-temurun.

Kegiatan ini merupakan bentuk apresiasi terhadap hasil laut. Dan tanah yang diberikan kepada orang-orang Karimun Jawa Selain itu, festival ini dirayakan oleh warga Jepara setiap tahun. Tidak hanya buah-buahan, sayur-sayuran, nasi dan hasil bumi lainnya, tetapi juga hasil laut yang dipamerkan dan ditampilkan bersama dengan Tumpeng. Umumnya seperti liburan parade. Barang yang paling banyak digunakan oleh peserta adalah kacang hijau dan garam di atas tumpan, karena dipercaya dapat membawa kebahagiaan bagi orang-orang dan menghindari hal-hal yang buruk. Kacang hijau dan garam bisa disebut jimat bela diri.

Acara festival Karimun Jawa  yang kedua merupakan acara tahunan di kawasan Jepara, yang bertujuan untuk mempererat kerjasama antara Kementerian Kelautan dan masyarakat serta menampilkan budaya dan seni khas Karimun Jawa. Hasil laut dipamerkan dan dipajang, setelah itu dipilih sebagai bahan untuk dijual oleh Kementerian dan menjadi fokus perhatian dalam rangka meningkatkan potensi ekonomi dan pariwisata Karimun Jawa. Produk dari laut dan darat, siapa yang tidak tahu kalau Karimun Jawa merupakan pulau yang banyak dikunjungi orang sebagai kawasan wisata.

VIDEO PILIHAN