Mohon tunggu...
Gilang Ramadhan
Gilang Ramadhan Mohon Tunggu... Penulis - Penulis

Mengajar | Warga Gg. Mangga Garis Lurus | S1 Bahasa dan Sastra Indonesia | Bergiat di Kembara Rimba dan Salam Semesta

Selanjutnya

Tutup

Book Artikel Utama

Novel "The Great Gatsby", Melintasi Glamor dan Kegelapan

24 Februari 2024   20:40 Diperbarui: 26 Februari 2024   00:21 176
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Meskipun menggambarkan kehidupan masyarakat kaya yang glamor, novel ini menyampaikan pesan universal tentang ketidakpuasan, kehilangan, dan konflik moral yang melibatkan karakter-karakternya. Dengan gaya bahasa yang indah dan puitis, Fitzgerald tidak hanya menciptakan narasi yang kuat, tetapi juga membangun atmosfer yang memikat pembaca dalam kisah tragis dan kompleks ini.

"Jadi, kami melaju menuju kematian melalui senja yang menyejukkan."

Novel ini tetap relevan hingga saat ini karena menggali tema-tema seperti keserakahan, obsesi, dan konsekuensi dari kehidupan materialistik. The Great Gatsby bukan hanya sebuah gambaran sejarah, tetapi juga refleksi mendalam tentang sifat manusia dan perjalanan melalui kehidupan. 

Keberhasilan Fitzgerald dalam menghadirkan karya yang tidak hanya indah secara estetika, tetapi juga mengandung makna mendalam, menjadikan novel ini sebuah pencapaian luar biasa dalam panorama sastra Amerika.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
Mohon tunggu...

Lihat Konten Book Selengkapnya
Lihat Book Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun