Mohon tunggu...
Annisa Rahmatia
Annisa Rahmatia Mohon Tunggu... Mahasiswi.

an ordinary student, daughter, and teleporter. Beware, I can be anywhere (as long as I got money to travel).

Selanjutnya

Tutup

Media Artikel Utama

Ketika Keyakinan Menjadi Gunjingan dan "Bahan Jualan"

18 Mei 2020   13:07 Diperbarui: 18 Mei 2020   16:35 1139 19 6 Mohon Tunggu...
Lihat foto
Ketika Keyakinan Menjadi Gunjingan dan "Bahan Jualan"
sumber: grid.id

Indonesia terdiri dari banyak keragaman, baik dari segi suku, ras, dan agama. 87,2% penduduk Indonesia memeluk agama Islam, sisanya merupakan pemeluk agama lain seperti Kristen Protestan, Katolik, Hindu, Buddha, dan Khonghucu. 

Kebebasan beragama juga sudah diatur dalam Undang-Undang Dasar 1945 dalam Pasal 28E ayat (1) dan (2) yang berbunyi:

"Setiap orang berhak memeluk agama dan beribadat menurut agamanya, memilih pendidikan dan pengajaran, memilih pekerjaaan, memilih kewarganegaraan, memilih tempat tinggal di wilayah negara dan meninggalkannya, serta berhak kembali"; dan "Setiap orang berhak atas kebebasan meyakini kepercayaan, menyatakan pikiran dan sikap, sesuai dengan hati nuraninya." 

Dengan demikian, masyarakat dapat dengan bebas meyakini kepercayaan sesuai dengan hati nurani mereka.

Sejumlah public figure di Indonesia pun melakukan hal demikian. Terdapat beberapa di antara mereka yang pada akhirnya berpindah kepercayaan, baik karena panggilan pribadi atau karena pernikahan. 

Sederet public figure tersebut misalnya Asmirandah, Deddy Corbuzier, Salmafina Sunan, Marsha Timothy, Roger Danuarta, dan masih banyak lagi yang lainnya. 

Menanggapi kepindahan mereka, reaksi masyarakat beragam. Ada yang turut mengucapkan syukur, ada pula yang menghujat. Begitu juga dengan pemberitaan yang ada di media. Terlebih, isu agama saat ini masih menjadi isu sensitif untuk dibahas di Indonesia.

suara.com
suara.com
Artis yang pindah ke agama minoritas selain muslim seringkali disudutkan oleh media. Sebaliknya, artis yang pindah ke agama mayoritas akan cenderung lebih disanjung dan didoakan. 

Sudah mendapat hidayah, begitu seringkali kata orang-orang. Sebagai bentuk perbandingan, mari bandingkan cara media mainstream memberitakan Deddy Corbuzier yang menjadi seorang mualaf dan Asmirandah yang berpindah keyakinan menjadi Kristen.

Berita yang memuat mengenai kepindahan Deddy cenderung dihiasi oleh berita-berita yang bernada positif, misalnya dengan judul "Seminggu Jadi Mualaf, Deddy Corbuzier Rasakan Ini", "Deddy Corbuzier Pelajari Islam 4 Tahun Sebelum Jadi Mualaf", dan beberapa berita yang meliput Deddy melaksanakan Bulan Ramadhan pertamanya di tahun ini. 

Lain halnya dengan Asmirandah. Kepindahannya ke agama Kristen mengikuti suami cenderung dilihat sebagai hal yang kontroversional. Beberapa judul berita yang ditulis misalnya "Pindah Agama Hingga Banjir Hujatan Saat Awal Menikah, Ini Kehidupan Asmirandah Bersama Jonas Rivanno", "FPI: Pernikahan Jonas Rivanno -- Asmirandah Haram", dan "Rela Pindah Agama Demi Suami, Ayah Artis Cantik Ini Malah Blak-Blakan Lebih Setuju Sang Putri Bersama Dude Harlino". 

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
VIDEO PILIHAN
KONTEN MENARIK LAINNYA
x