Mohon tunggu...
Gendhis Kayana
Gendhis Kayana Mohon Tunggu... Lainnya - Alam, kopi, buku, budaya, kiddos

Bersyukur untuk setiap anugerah Mu

Selanjutnya

Tutup

Sosbud Pilihan

Asiknya Transportasi Publik yang Terintegrasi

29 Desember 2023   03:30 Diperbarui: 29 Desember 2023   09:05 129
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Dokpri: Halte Trans Busway

Tak terasa sudah hampir satu minggu saya memanfaatkan integrasi Commuter Line alias KRL dan Trans Jakarta, Busway.

Terdorong dengan keinginan untuk tetap bisa jalan pagi setiap hari, saya berusaha mencari perubahan pola transportasi dan akhirnya saya menemukan cara baru untuk berangkat ke kantor, sederhana saja, beralih dari transportasi online ke Trans Jakarta sebagai penyambung sesampainya saya di stasiun. Dan ini rupanya memberikan sekaligus dua manfaat, target jalan kaki enam ribu langkah tiap pagi terpenuhi, sekaligus saya dapat menghemat biaya transportasi.

dokpri : sky bridge menuju Halte Trans Busway
dokpri : sky bridge menuju Halte Trans Busway

Saya sangat menikmati rute baru jalan pagi saya, nyaman sekali, termasuk perpindahan dari stasiun ke halte. Semua rapi dan bersih. 

Terbersit rasa bangga, wah Indonesia bertahap mulai memiliki transportasi publik yang nyaman. Asik sekali.

Teringat perbincangan dengan sepupu saya minggu lalu, yang kini juga memanfaatkan kereta, commuter line, untuk berangkat kerja dari tempat tinggalnya di daerah Gading Serpong menuju Sunter, Jakarta Utara. 

Kami sempat mendiskusikan bagaimana Kereta Whoosh sangat membantu perjalanan dinas dari Jakarta ke Bandung, karena kalau kita berangkat pagi dari Jakarta, kita dapat langsung pulang sore atau malam harinya. Dan ini sangat memudahkan baik bagi perusahaan maupun kami secara pribadi, karena dapat langsung pulang dan berkumpul dengan keluarga pada hari yang sama.

Kereta feeder, yang disediakan juga langsung tersedia dalam waktu yang relatif singkat.

Saya dengar dari  Tante yang kebetulan baru kembali dari Johor, ternyata sekarang Whoosh juga menjadi pembicaraan di negara tetangga, Malaysia, 'wah Indonesia punya kereta cepat ya!'.

Stasiun Bandung juga kini mengalami banyak perubahan. Bahkan saya dengar, turis dari mancanegara, misalnya dari Korea dan Malaysia diberikan tujuan atau destinasi wisata untuk naik kereta Whoosh.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...

Lihat Konten Sosbud Selengkapnya
Lihat Sosbud Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun