Mohon tunggu...
Gaferianto Hulu
Gaferianto Hulu Mohon Tunggu... Guru - Pendidikan Kimia Universitas Negeri Surabaya

Percaya dan taat, sepanjang umur kita Tuhan telah atur yang terbaik.

Selanjutnya

Tutup

Wisata

Jalan-jalan ke Pulau Nias Secara Virtual, Kenali Nias Lebih Dekat

15 Desember 2020   20:44 Diperbarui: 15 Desember 2020   20:45 80 3 0 Mohon Tunggu...
Lihat foto
Jalan-jalan ke Pulau Nias Secara Virtual, Kenali Nias Lebih Dekat
Wisata. Sumber ilustrasi: FREEPIK/Freepik

Pulau Nias merupakan salah satu pulau yang terletak di bagian barat sumatera utara. Pulau nias terbagi atas 4 kabupaten yaitu Nias, Nias selatan, Nias Utara, Nias Barat dan Nias Selatan dan satu kota, Kota Gunungsitoli. Nias terkenal dengan keanekaragaman budaya, pariwisata, adat istiadat yang masih dipertahankan sampai sekarang. Nah, kebetulan saya berasal dari Nias. Jika kamu pernah ke Nias, pasti mendengar kata "Yaahowu." Kamu tahu tidak kata "Yaahowu" itu apa? Ya benar sekali, Yaahowu merupakan sapaan yang sering di ucapkan oleh orang-orang suku Nias.

Yaahowu berarti terberkati atau penuh berkat, bisa juga di artikan salam damai sejahtera. Sapan ini sering diucapkan ketika bertemu dengan keluarga, sahabat, teman, maupun orang yang baru di kenal. Ketika hendak bertamu di rumah orang nias, sapaan utama yang wajib kamu ucapakan adalah "Yaahowu." Jadi jika teman-teman berkunjung ke Nias, jangan lupa ya.

Selain itu nias terkenal dengan adat istiadat, maupun destinasi wisata yang sudah terkenal hingga ke mancanegara. Pulau nias menjadi satu destinasi yang sangat digemari oleh para wisatawan karena terkanal dengan budaya dan destinasi wisata yang begitu Indah. Adat istiadat nias seperti acara perkawinan, tarian adat, dan lompat batu. Pulau Nias juga terkenal dengan destinasi wisata seperti Hombo batu (bawomatoluo), pantai tureloto, pantai sorake, dan masih banyak destinasi wisata lain. 

Selain itu juga Nias juga terkenal dengan bahasa daerah yang tetap dipertahankan dari generasi ke generasi. Yuk mari belajar bahasa nias, berikut beberapa ya teman-teman...

Apa kabar = Hawaisa duria

Malam = bongi

Kerja = Mohalowo

Rajin = owolo-olo

Tidur = moro

Bangun = maoso

Belajar = mombaso

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
VIDEO PILIHAN