Mohon tunggu...
Grama Pedaringan
Grama Pedaringan Mohon Tunggu... Administrasi - Universitas Brawijaya

Kelompok 4 KKNT FIA UB di Desa Kedungpedaringan

Selanjutnya

Tutup

Ilmu Sosbud Pilihan

Perpustakaan Desa sebagai Salah Satu Layanan Informasi Masyarakat Desa Kedungpedaringan

24 Juli 2022   10:16 Diperbarui: 24 Juli 2022   10:25 65 3 0
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun

Bagaimana pandangan anda mengenai sebuah Perpustakaan.  Perpustakaan sebagaimana yang telah berkembang sekarang telah digunakan sebagai salah satu pusat informasi, sumber ilmu pengetahuan, penelitian, rekreasi, pelestarian khasanah budaya bangsa, serta memberikan berbagai jasa layanan lainnya. 

Dalam berbagai fungsinya Perpustakaan dapat dikategorikan sesuai dengan kebutuhan penggunanya. Salah satunya adalah perpustakaan desa

Mengacu pada Surat Keputusan (SK) Menteri Dalam Negeri dan Otonomi Daerah Nomor 3 Tahun 2001 dijelaskan, bahwa perpustakaan Desa/Kelurahan adalah perpustakaan masyarakat sebagai salah satu sarana/media untuk meningkatkan dan mendukung kegiatan pendidikan masyarakat pedesaan, yang merupakan bagian integral  dari kegiatan pembangunan desa/kelurahan. 

Menurut Sutarno (2006, hal. 46), perpustakaan desa adalah sumber kekuatan, imajinasi, inspirasi untuk berpikir, belajar, bekerja, berkarya dan berprestasi. Sebuah kemajuan kehidupan akan akan diwarnai atau tergantung pada kemampuan atau pengembangan berpikir. 

Untuk menciptakan ide-ide dan temuan-temuan baru yang bermanfaat bagi kemaslahatan umat manusia, bukan untuk merusak tatanan dan norma-norma yang sudah ada. 

Perpustakaan desa yang dikelola dengan baik dapat dikembangkan menjadi pusat pelayanan informasi dan ilmu pengetahuan bagi penduduk wilayah desa tersebut. Informasi dan pengetahuan tersebut bersumber pada koleksi bahan pustaka dan dokumen resmi pemerintah desa, data statistik, gambar, foto, grafik. 

Perpustakaan desa merupakan salah satu sarana yang harus dikembangkan agar masyarakat bisa meningkatkan wawasan dan keterampilan, khususnya untuk mandiri. 

Selain itu, perpustakaan desa juga bisa membantu pemerintah desa dalam melayani kebutuhan masyarakat, seperti pelayanan surat-menyurat kependudukan, jasa kesehatan, membentuk usaha tani yang bertujuan untuk meningkatkan taraf hidup dan kesejahteraan masyarakat.

Di desa Kedung Pedaringan sendiri telah memiliki sebuah perpustakaan desa yang terletak di Jl. Raden Prayitno yang merupakan jalan utama desa sehingga cukup strategis. 

Bangunan perpustakaan desa Kedungpedaringan cukup nyaman dan luas untuk kegiatan literasi bagi warga desa karena daerah sekitarnya masih lahan kosong yang cukup sejuk karena banyak tumbuhan.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...

Lihat Konten Ilmu Sosbud Selengkapnya
Lihat Ilmu Sosbud Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!

Video Pilihan

LAPORKAN KONTEN
Alasan