Mohon tunggu...
Faisal Achmadhani
Faisal Achmadhani Mohon Tunggu... Mahasiswa - Mahasiswa

Mahasiswa Pendidikan IPS UNJ

Selanjutnya

Tutup

Kebijakan Pilihan

Tingkat Penetrasi dan Kontribusi Internet di Indonesia, Apakah Sudah Merata?

22 September 2022   13:22 Diperbarui: 22 September 2022   13:48 682 2 0
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana Adalah Platform Blog. Konten Ini Menjadi Tanggung Jawab Bloger Dan Tidak Mewakili Pandangan Redaksi Kompas.

Saat ini, internet merupakan bagian penting di kehidupan manusia saat ini. Dapat dikatakan juga bahwa internet saat ini menjadi kebutuhan "primer" bagi generasi muda zaman sekarang. 

Ditambah lagi dengan adanya pandemi covid-19 yang ada dalam dua tahun belakang ini, mendorong masyarakat untuk lebih sering menggunakan internet dibandingkan dengan tahun-tahun sebelumnya. 

Indonesia merupakan salah satu negara dengan poulasi pengguna internet terbesar di dunia. Pengguna internet di indonesia, terus bertumbuh dari tahun-ketahun. 

Berdasarkan Survei Internet Indonesia Tahun 2021-2022 (Q1), pengguna internet di Indonesia mencapai 220 juta orang. Sebelum pandemi, jumlah pengguna internet di Indonesia adalah 175 juta orang.

Jika dilihat dalam hasil survei tersebut, penetrasi internet di Indonesia dapat dikatakan tinggi.

Apa itu penetrasi? Dalam hal ini, penetrasi yang dimaksud merupakan Penetrasi pengguna, yang dimana merupakan "rasio pengguna internet berbanding dengan jumlah penduduk setiap tahun".

Berdasarkan survei terbaru APJII, saat ini penetrasi di indonesia mencapai 77 persen. Lebih tinggi jika dibandingkan dengan tahun-tahun sebelumnya. Di Tahun 2018 jumlah persentase penetrasi internet di indonesia sebesar 64,80 persen, kemudian di tahun 2019 hingga 2020 jumlah persentase penetrasi internet di indonesia sebesar 73,70 persen. 

Di tahun 2021 hingga 2022, jumlah penetrasi internet di indonesia sebesar 77,02 persen. Dan dapat dikatakan peningkatan jumlah pengguna dan pemakai internet di indonesia sangat dipengaruhi oleh adanya pandemi covid-19 ini. Terkait jumlah penduduk di indonesia yang terkoneksi internet tahun 2021 hingga 2022 sebesar 210.026.769 jiwa, dari total populasi yang sebesar 272.682.600 jiwa penduduk indonesia. 

Lantas dengan jumlah penetrasi yang sebesar itu, apakah penetrasi internet sudah merata di tiap wilayahnya?

Sumber: APJII
Sumber: APJII

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...

Lihat Konten Kebijakan Selengkapnya
Lihat Kebijakan Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!

Video Pilihan

LAPORKAN KONTEN
Alasan