Mohon tunggu...
Nur Terbit
Nur Terbit Mohon Tunggu... Jurnalis - Pers, Lawyer, Author, Blogger

Penulis buku Wartawan Bangkotan (YPTD), Lika-Liku Kisah Wartawan (PWI Pusat), Mati Ketawa Ala Netizen (YPTD), Editor Harian Terbit (1984-2014), Owner www.nurterbit.com, Twitter @Nurterbit, @IniWisataKulin1, FB - IG : @Nur Terbit, @Wartawan Bangkotan, @IniWisataKuliner Email: nurdaeng@gmail.com

Selanjutnya

Tutup

Ramadan Pilihan

Apakah Sedekahmu Selama Ini Sudah Berkah?

18 Maret 2024   23:54 Diperbarui: 19 Maret 2024   00:34 478
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Membangun masjid di perumahan tempat tinggal, awalnya dimulai dari sedekah warga (dok Nur Terbit) 

Apakah Sedekahmu Selama Ini Sudah Berkah?


Pada puasa Ramadan hari ke-8 di Senin 18 Maret 2024 ini, kami yang mengikuti tantangan ngeblog maraton, masih terus berusaha menulis untuk sebulan penuh tanpa bolong. Doakan ya semoga lancar. Aamiin.

Kali ini mencoba membahas apa itu "Sedekah Berkah" sesuai tema atau topik yang diberikan admin Kompasiana. Jadi ada dua suku kata di sini, "sedekah" dan "berkah" untuk topik Ramadan Bercerita 2024 ini.

Lumayan berat nih topik kali ini. Apalagi bagi yang belum menguasai benar masalah ilmu agama. Maka andalannya adalah banyak mencari dan membaca literatur (selain bekal dari pengajian) untuk memahaminya. Termasuk itu juga yang dilakukan Bang Nur dalam artikel ini hehe...

Sedekah atau "shadaqah" (bahasa Arab) adalah pemberian seorang Muslim kepada orang lain secara ikhlas tanpa dibatasi oleh waktu dan jumlah tertentu.


Sedekah tidak hanya berarti mengeluarkan atau menyumbangkan harta, namun mencangkup segala amal atau perbuatan baik.

Sedang berkah, juga berasal dari bahasa Arab, asal kata "barakah" atau "barokah" yang artinya "ziyadatul khair" atau bertambahnya kebaikan. Nikmat bertambah.

Sementara itu menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI), berkah adalah karunia Tuhan yang mendatangkan kebaikan bagi kehidupan manusia.

Jadi jika digabungkan dua suku kata di atas, "sedekah berkah" maka bisa dimaknai bahwa memberi sedekah akan mendatang berkah bagi yang menerima sedekah maupun kepada si pemberi.

Dengan demikian keberkahan rezeki akan membuat orang yang mendapatkannya merasa tenteram. Baraka atau al barakah artinya 'berkembang, bertambah banyak, dan kebahagiaan'.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
  4. 4
Mohon tunggu...

Lihat Konten Ramadan Selengkapnya
Lihat Ramadan Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun