Mohon tunggu...
friska fa
friska fa Mohon Tunggu... Jurnalis - Assalamualaikum

Mahasiswa yang sedang belajar menjadi lebih baik dan berkembang .

Selanjutnya

Tutup

Ilmu Sosbud & Agama

KKM DR- UIN MALANG 2021 Dusun Ubalan Desa Maguan Kecamatan Ngajum Kabu

29 Januari 2022   14:45 Diperbarui: 29 Januari 2022   14:52 165 1 0
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Lihat foto
Ilmu Sosbud dan Agama. Sumber ilustrasi: PEXELS

KKM adalah kegiatan kerja mahasiswa yang wajib dilaksanakan mahasiswa semester 5 UIN Malang. KKM tahun ini dilaksanakan secara DR (Dari Rumah). Maka dari itu disebut dengan KKM-DR UIN Malang. 

KKM-DR pada tahun ini bertemakan “Moderasi Beragama dan Peningkatan Sosial Ekonomi Masyarakat Pasca Pandemi” yang dilaksankan selama satu bulan yaitu mulai tanggal 27 Desember 2021 sampai 27 Januari 2022. 

KKM-DR UIN Malang merupakan salah satu program yang bertujuan umtuk mempersiapkan mahasiswa terjun langsung kedalam lingkungan masyarakat dan mengimplementasikan ilmu yang sudah didapat dalam bangku perkuliahan kedalam kehidupan bermasyarakat. 

Pengabdian ini beramggotakan 14 orang yang berasal dari beberapa lintas jurusan serta fakultas yakni Fachrul Rozy, Muhammad Syauqi, Ahmad Nuril, Ahmad Rifki F, Lidya Aprilia, Widya Ayu, Siska Rachma, Annisa Chusnul dan  saya sendiri Friska Fitria A dari Jurusan Pendidikan Ilmu Pengetahuan Sosial, Muhammad Nur Faizi dari Jurusan Tadris Matematika, Ulul qurba, Ikrima Hamda, Shella Aurelia dan Waridatul Atfa dari Jurusan Perbankan Syariah bertempat di Dusun Ubalan Desa Maguan Kecamatan Ngajum Kabupaten Malang.

Latar Belakang KKM-DR UIN Malang ke dusun ubalan merupakan salah satu desa yang berada di kabupaten Malang yang bernuansa udara pegunungan yang sangat sejuk. Dusun Ubalan merupakan bagian dari Desa Maguan Kecamatan Ngajum Kabupaten Malang, Provinsi Jawa Timur. 

Dusun ini terletak di sekitar gunung Kawi, setiap orang yang hendak ke gunung Kawi akan melewati kawasan ini. Mayoritas penduduknya beragama Islam. 

Dusun Ubalan memiliki 1 Sekolah Dasar, 1 Taman Kanak-kanak, dan 3 Tempat Pembelajaran Al-Qur’an. Dalam memajukan perekonomian dusun ini melalui wisata Alam Religi Umbulrejo dan juga melalui UMKM masyarakat pembuatan makanan ringan untuk oleh-oleh dan budi daya ikan lele.

Pembukaan pada KKM-DR UIN Malang ini di laksankan pada 28 Desember 2021. Keterlambatan pembukaan ini tidak sesuai dengan instruksi dari kampus karena terdapat beberapa kendala. Pembukaan ini di laksanakan secara bersama dengan kelompok lain yang berbeda dusun di kantor Desa Maguan dan di hadiri oleh beberapa perangkat Desa sebagai pembuka KKM-DR UIN Malang 2021 di Desa Maguan. Acara ini berjalan dengan khidmah seusai dengan susunan acara yang sudah terjadwalkan.

Sosialisasi Mencuci tangan dan memakai masker.Sosialisasi ini diadakan Di SDN maguan 2 dan diikuti oleh hanya 3 jenjang yaitu kelas 1, 2 dan kelas 3 SD. Sosialisasi ini dilaksanakan pada tanggal 5 Januari 2022. Sosialisasi ini bertujuan meningkatkan kesadaran terutama pada anak anak untuk selalu memakai Masker dan Mencuci tangan guna untuk melindungi diri dari virus Covid yang merajalela pada akhir akhir ini.

Setelah melaksanakan sosialisasi, kami melnjutkan dengan lomba mewarnai yang bertema covid.

Bidang Perekonomian dan PariwisataPerekonomian merupakan salah satu penunjang dalam kehiduapan salah satunya di dusun Ubalan. 

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
Mohon tunggu...

Lihat Konten Ilmu Sosbud & Agama Selengkapnya
Lihat Ilmu Sosbud & Agama Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
VIDEO PILIHAN
LAPORKAN KONTEN
Alasan