Mohon tunggu...
friska amelinda
friska amelinda Mohon Tunggu... friska

way back home

Selanjutnya

Tutup

Fesyen

Hijab dan Khimar di Kalangan Unisma

29 November 2019   10:01 Diperbarui: 29 November 2019   10:11 0 0 0 Mohon Tunggu...
Hijab dan Khimar di Kalangan Unisma
dokpri

Bekasi - Walaupun dikalangan remaja saat ini hijab sudah menjadi trendi di indonesia, baik di Universitas Islam Bekasi "45" sudah tidak asing lagi. makna hijab dapat diartikan dalam bahasa Arab.

Hijab (bahasa Arab: , ijb) adalah kata dalam bahasa Arab yang berarti "penghalang". Pada beberapa negara berbahasa Arab serta negara-negara Barat, kata hijab lebih sering merujuk kepada kerudung yang digunakan oleh wanita muslim. Namun dalam keilmuan Islam, hijab lebih tepat merujuk kepada tatacara berpakaian yang pantas sesuai dengan tuntunan agama.

Di dalam Islam bagi wanita muslimah wajib mengenakan hijab disaat keluar rumah, demikian itu mahasiswi yang berada di UNISMA rata - rata mengenakan hijab. dari mulai mengenakan hijab berbentuk secara langsung, baik pun secara tidak langsung yaitu berbentuk segi empat terkadang persegi panjang, bermacam -macam bentuknya.

Makna hijab secara bahasa, hijab artinya penutup.

"hijab artinya penutup" (Lisaanul Arab).

Secara istilah, makna hijab adalah sebagaimana dijelaskan Al Munawi berikut ini:

"Hijab adalah segala hal yang menutupi sesuatu yang dituntut untuk ditutupi atau terlarang untuk menggapainya. Diantara penerapan maknanya, hijab dimaknai dengan as sitr (penutup), yaitu yang mengalangi sesuatu agar tidak bisa terlihat. Demikian juga al bawwab (pintu), disebut sebagai hijab karena menghalangi orang untuk masuk. Asal maknanya, hijab adalah entitas yang menjadi penghalang antara dua entitas lain" (At Tauqif 'ala Muhimmat At Ta'arif, 1/136).

Abul Baqa' Al Hanafi juga menjelaskan:

"setiap yang menutupi hal-hal yang dituntut untuk ditutupi atau menghalangi hal-hal yang terlarang untuk digapai maka itu adalah hijab" (Al Kulliyat, 1/360).

Maka istilah hijab maknanya sangat luas. Dengan demikian hijab muslimah, adalah segala hal yang menutupi hal-hal yang dituntut untuk ditutupi bagi seorang Muslimah. Jadi hijab muslimah bukan sebatas yang menutupi kepala, atau menutupi rambut, atau menutupi tubuh bagian atas saja. Namun hijab muslimah mencakup semua yang menutupi aurat, lekuk tubuh dan perhiasan wanita dari ujung rambut sampai kaki.

akurat.co
akurat.co
Kini hijab semakin digemari oleh banyak kalangan muda di Indonesia baik dikalangan mahasiswa UNISMA karena bagi umat muslim diwajibkan untuk menutup auratnya.

VIDEO PILIHAN
KONTEN MENARIK LAINNYA
x