Mohon tunggu...
Edukasi

Kenalilah Matematika Lebih Mendalam

15 April 2019   22:36 Diperbarui: 15 April 2019   22:36 0 4 1 Mohon Tunggu...

Matematika selalu berhasil menjadi momok yang menakutkan bagi kebanyakan para siswa. Hal itu terjadi karena para siswa menganggap bahwa matematika adalah mata pelajaran yang sulit dan terkadang guru yang mengajar dikelas sangat menakutkan. Tetapi tahukah kalian bahwa matematika juga bisa menjadi sesuatu yang menyenangkan. Terkadang siswa saat belajar matematika selalu mempunyai mindset bahwa matematika itu menyulitkan sehingga kedepannya matematika akan terlihat sulit. Hal itu dikarenakan kita sudah menjudge diri kita sendiri tidak bisa dalam mengerjakan soal-soal matematika.

Tetapi matematika bisa menyenangkan jika kita menekuninya, saat kita bisa mengerti materi dalam bidang matematika, apalagi ketika kita bisa menemukan jawaban yang benar dari soal-soal matematika yang diberikan guru kepada kita tetapi teman-teman sekelas belum bisa menemukan jawaban dari sebuah soal matematika. Keadaan itulah yang membuat matematika menyenangkan dan keadaan itu juga mempunyai rasa tersendiri yang tidak bisa diungkapkan dengan kata-kata.

Alasan siswa tidak menyukai mata pelajaran matematika adalah karena matematika menyulitkan, selalu hitung menghitung, mempunyai banyak simbol-simbol yang kita tidak ketahui, karena semuanya angka. Padahal jika kita mengenal matematika lebih mendalam dan mengetahui kelebihan dari matematika, kita akan menyukai apa yang dinamakan matematika. Sama hal nya dengan ketika kita menyukai seseorang manusia, kita pasti harus mengenalnya terlebih dahulu baru akan menyukainya. Atau ketika kita menyukai seseorang pada pandangan pertama, itu dikarenakan kita melihat kelebihan-kelebihan dari seseorang tersebut.

Terkadang siswa berkata "ngapain belajar matematika jika dalam kehidupan nyata tidak bisa digunakan". Memang tidak semuanya ilmu matematika bisa digunakan dalam kehidupan nyata, tetapi ada beberapa ilmu matematika yang dipakai dalam kehidupan nyata salah satunya statistika. Statistika adalah ilmu matematika yang mempelajari bagaimana merencanakan, mengumpulkan, menganalisis, menginterpretasi, dan mempresentasikan data. Statistika digunakan dalam kehidupan nyata pada saat mengumpulkan data masyarakat.

Matematika juga bisa mengubah pola pikir kita menjadi lebih teliti, logis, matematis, dan jika menerima informasi akan mengecek terlebih dahulu kebenarannya. Karena orang matematika jika mengerjakan soal, misalnya soal aljabar linear itu akan mengerjakan dengan hati-hati dan teliti, jika kita saat mengerjakan soal aljabar linear sudah salah diawal, maka ke balakang nya akan ikut salah juga. Makannya orang matematika harus teliti dalam mengerjakan apapun itu. Contoh lagi, jika kita membuktikan sebuah teorema, maka kita harus mencari kebenaran dari teorema tersebut. Apakah teorema itu bernilai salah atau bernilai benar. Hal itu juga membuktikan bahwa orang matematika jika menerima informasi akan mengecek terlebih dahulu nilai kebenarannya.

Dan semoga guru-guru yang mengajar matematika termasuk saya bisa membuat inovasi-inovasi baru yang membuat siswa-siwa dapat mengenal matematika lebih mendalam sehingga siswa-siswa menyukai apa yang dinamakan matematika.