Mohon tunggu...
Fransisca CorryFamelia
Fransisca CorryFamelia Mohon Tunggu... Mahasiswa - Mahasiswa

21

Selanjutnya

Tutup

Worklife Pilihan

Dinamika Praktik Profesi PR Perhotelan dan Implementasi Kode Etik bagi Perusahaan

21 Maret 2022   23:26 Diperbarui: 21 Maret 2022   23:43 490
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Profesi PR memiliki sejarah yang panjang di Indonesia. Profesi yang kerap juga dikenal sebagai Humas (Hubungan Masyarakat) ini mengalami perkembangan seiring dengan bergantinya zaman. PR memiliki peran penting bagi keberlangsungan hidup perusahaan dilatarbelakangi karena kebutuhan komunikasi yang bertujuan untuk menyatukan pesan dan saling memahami satu sama lain.

PR berkembang secara pesat di seluruh dunia dan tidak dapat dipungkiri di masa yang akan datang perkembangannya akan menjadi lebih besar. Kondisi masyarakat yang dinamis dan terus berubah akan menjadi tantangan sekaligus tugas utama bagi PR untuk terus mengikuti perubahan ini agar dapat menjadi "indera" yang baik bagi perusahaan dan publik.

Pada Senin, 21 Maret 2022, kami mewawancarai salah satu tokoh yang bergerak secara tidak langsung pada profesi PR. Beliau adalah Muhammad Alfeisyahri Fahlevi, seorang HR di The Accor group brands yang bertugas di Samarinda, Kalimantan Timur. Berpengelaman pula untuk membantu dan men-support beberapa hotel besar termasuk Horrison Balikpapan dan Horrison Samarinda. Beliau telah bergerak pada bidang ini mulai dari 2017.

Kami memaparkan beberapa pertanyaan terkait profesi yang dijalani oleh beliau sejak hampir lima tahun yang lalu itu. Adapun informasi yang kami terima akan dirangkum dalam beberapa poin di bawah ini.

Kendala Bekerja sebagai PR di Perhotelan

Menurut beliau, kendala dalam praktik PR pada perhotelan adalah saat harus mem-branding perusahaan agar dapat diterima di masyarakat. Bagaimana harus menaikkan brand image company yang baik dengan menyampaikan pesan-pesan lewat media untuk menarik target pasar yang disasar.

dokumentasi pribadi
dokumentasi pribadi

Kendala Tersulit itu adalah mencoba menjelaskan sesuatu yang baru, dengan cara yang baru.

Kendala tersulit yang dirasakan dalam bidang perhotelan adalah bagaimana memperkenalkan hal baru dengan cara baru yang pastinya serba digital kepada konsumen maupun stakeholder yang umumnya masih terbiasa dengan cara-cara lama. Bagaimana semua harus on paper padahal kita mengupayakan penyampaian informasi secara paperless. 

Media yang Digunakan untuk Saluran Informasi

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
Mohon tunggu...

Lihat Konten Worklife Selengkapnya
Lihat Worklife Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun