Mohon tunggu...
Forsaria Prastika
Forsaria Prastika Mohon Tunggu... Freelancer - Mahasiswa

Sastra Inggris, Universitas Diponegoro

Selanjutnya

Tutup

Gayahidup

Tegal Punya Tony Stark!

9 Februari 2020   17:27 Diperbarui: 9 Februari 2020   17:29 48 1 0 Mohon Tunggu...

Kabupaten Tegal -- Jika Tony Stark dalam film fiksi ilmiah Iron Man adalah tokoh yang mampu menciptakan robot besi dalam ruang bawah tanah, ternyata di Tegal, kalimat ini bisa semakin mendekati kenyataan. 9 km dari Kecamatan Balapulang, di RW 1 Desa Harjawinangun, pemuda bernama Umar, akrab dipanggil Mas Umay, sejak 2018 menekuni satu bidang seni yaitu metal art, atau kerajinan berbahan dasar besi. 

Memang bukan serta merta robot yang bisa berjalan seperti dalam film, namun aliran seni ini terbilang unik dan bernilai karya tinggi. Disebut metal maka bahan utama karya adalah besi, besi ini biasa Mas uMay beli secara kiloan dari pasar loak. 

Berawal dari karya berukuran kecil hingga lambat laun mampu mengerjakan karya yang lebih tinggi dari tubuhnya, Mas Umay masih mengandalkan dirinya sendiri dalam perencanaan, perancangan, hingga pembuatan metal art yang mampu menghabiskan waktu hingga berbulan bulan. Salah satu karya terbaiknya, yaitu robot Terminator, mampu terjual hingga diatas 60 juta rupiah.

dokpri
dokpri
Mahasiswa KKN Universitas Diponegoro (Undip) Tim 1 2020 dari Departemen Teknik Industri, Nur Armando Putra Pradana, melihat Metal Art karya Mas Umay ini sebagai potensi besar yang mampu menjadi breakthrough bagi industri kreatif. Namun, factor operasional dari sisi Kesehatan dan Keselamatan Kerja menjadi problematika utama, sebab, sebagai otak dan tangan dari usaha ini semuanya dilakukan oleh Mas Umay sendiri. 

Pekerjaan-pekerjaan bengkel seperti menggerinda dan mengelas yang notabene beresiko tinggi, semua resiko tersebut ditanggung seorang diri. Untuk itu muncul inisiatif untuk memberikan pelatihan serta mengadakan alat pelindung diri (APD) yang terdiri atas welding glass, ear plug, dan masker untuk meminimalisir resiko kecelakaan kerja. 

Dengan adanya kegiatan ini diharapan usaha metal art Mas Umay dapat terus merambah pasar-pasar internasional seluas mimpi, kreatifitas dan ide cemerlang Mas Umay. Tak ketinggalan, selalu utamakan kesehatan dan keselamatan kerja!

Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
VIDEO PILIHAN
KONTEN MENARIK LAINNYA
x