Mohon tunggu...
Bahasa

RESENSI BUKU "Pengembaraan Syekh Akhmad" (2016)

6 Januari 2019   23:53 Diperbarui: 7 Januari 2019   00:15 0 0 0 Mohon Tunggu...
RESENSI BUKU "Pengembaraan Syekh Akhmad" (2016)
tugas-uas-1-5c3235f9ab12ae41d056a97a.jpg

 

Judul               : Pengembaraan Syekh Ahmad Cerita Rakyat Dari Sumatra Utara

Penulis             : Denda Rinjaya

Penerbit           : Badan Pengembangan dan Pembinaan Bahasa

Tahun terbit     : 2016

Tebal               : 58 halaman

Bahasa             : Indonesia

Sampul            : Latar belakang warna coklat

Buku dengan judul Pengembaraan Syekh Ahmad Cerita Rakyat Dari Sumatra Utara ditulis oleh Denda Rinjaya. Buku ini diterbitkan oleh Badan Pengembangan dan Pembinaan Bahasa pada tahun 2016. Denda Rinjaya yang merupakan penulis buku ini lahir Sukabumi, tanggal 23 September 1984. Beliau memiliki pos-el dendarinjaya@yahoo.com. Beliau juga ahli dalam berbagai bidang terutama bidang Bahasa dan Sastra. Beliau dahulu pernah menuntut ilmu di Sekolah Tinggi Bahasa Asing-ABA Bandung selama 4 (empat) tahun yaitu sejak tahun 2002 hingga tahun 2006. Beliau juga bekerja sebagai pegawai Badan Pengembangan dan Pembinaan Bahasa, Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan selama 7 (tujuh) tahun yaitu sejak tahun 2009 hingga Sekarang (terhitung per tahun 2016).

Buku ini merupakan buku yang berisi cerita rakyat dari suatu daerah atau lebih tepatnya daerah Sumatra Utara yang ditujukan untuk bacaan anak setingkat kelas 4 (empat), 5(lima), dan 6 (enam) Sekolah Dasar (SD). Isi dalam buku ini merupakan hasil dari cerita rakyat daerah Sumatra Utara yang cocok untuk menjadi salah satu bahan pembelajaran bagi anak-anak terutama anak-anak kelas 4 (empat), 5(lima), dan 6 (enam) Sekolah Dasar (SD). Salah satu alasan mengapa buku yang berjudul Pengembaraan Syekh Ahmad Cerita Rakyat Dari Sumatra Utara ini karena dengan membelajarkan buku ini kepada anak-anak terutama anak setingkat kelas kelas 4 (empat), 5(lima), dan 6 (enam) Sekolah Dasar (SD). Menurut saya sendiri buku ini bergenre religius terutama islam, karena buku ini menceritakan seorang bapak  yang sangat mencintai keluarganya. Ia mengembara dan berkeliling ke desa-desa untuk menyiarkan agama. Perjuangannya begitu gigih menegakkan agama dan menyebarkan kebaikan untuk umat. Selain itu salah satu hal yang membuktikan bahwa buku yang berjudul Pengembaraan Syekh Ahmad Cerita Rakyat Dari Sumatra Utara ini bergenre religius terlihat dari judulnya yang mencirikan islam yaitu "Syekh Ahmad". Selain bergenre religious, buku ini juga bergenre asmara karena di dalam buku ini ada dua cerita yaitu Pengembaraan Syekh Ahmad Cerita Rakyat Dari Sumatra Utara dan juga  Pangeran Indra Mencari Putri Raja yang berisikan perjuangan seorang pangeran yang bernama Pangeran Indra dalam mendapatkan kembali cinta sejatinya yaitu Putri Mayang Sari yang diculik oleh Raja Lawuk dari Kerajaan Gajah.

Seperti pendapat saya tadi di dalam buku ini penulis menceritakan dua kisah Pengembaraan Syekh Ahmad Cerita Rakyat Dari Sumatra Utara dan juga  Pangeran Indra Mencari Putri Raja. Untuk kisah Pengembaraan Syekh Ahmad Cerita Rakyat Dari Sumatra Utara berisi tentang kehidupan seorang bapak  yang sangat mencintai keluarganya. Ia mengembara dan berkeliling ke desa-desa untuk menyiarkan agama. Perjuangannya begitu gigih menegakkan agama dan menyebarkan kebaikan untuk umat. Sedangkan untuk kisah Pangeran Indra Mencari Putri Raja berisikan tentang perjuangan seorang pangeran yang bernama Pangeran Indra dalam mendapatkan kembali cinta sejatinya yaitu Putri Mayang Sari yang diculik oleh Raja Lawuk dari Kerajaan Gajah.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
KONTEN MENARIK LAINNYA
x