Malang, 7 Juni 2025 — Empat mahasiswa dari Program Studi Pendidikan Akuntansi FEB UM sukses menyelesaikan program Asistensi Mengajar di SMK Muhammadiyah 2 Malang. Kegiatan yang berlangsung sejak 10 Februari hingga 3 Juni 2025 ini menjadi wujud nyata kontribusi generasi muda dalam mendukung Tujuan Pembangunan Berkelanjutan (Sustainable Development Goals/SDGs), khususnya pada SDG 4: Pendidikan Berkualitas dan SDG 8: Pekerjaan Layak dan Pertumbuhan Ekonomi.
Menghidupkan SDG 4 Melalui Pendidikan Inklusif dan Berkualitas
Dalam kegiatan akademik, mahasiswa terlibat aktif dalam menyusun modul ajar, mengembangkan media pembelajaran digital, serta melakukan evaluasi pembelajaran yang adaptif dan sesuai kebutuhan siswa. Mereka turut menciptakan suasana belajar yang inklusif dan menyenangkan, sesuai dengan prinsip pendidikan berkualitas yang diusung dalam SDG 4.
Para mahasiswa juga melaksanakan bimbingan akademik individual, menyusun laporan kemajuan siswa, dan merancang produk-produk pembelajaran inovatif, termasuk sebuah aplikasi pembiayaan sederhana berbasis spreadsheet yang dapat digunakan oleh siswa.
Kehadiran produk inovatif ini memperkuat sinergi antara teori yang diajarkan di kelas dengan praktik nyata yang relevan dengan dunia usaha dan ekonomi digital, sekaligus memperkaya materi ajar guru secara berkelanjutan.
Mendorong SDG 8: Menyiapkan Peserta Didik untuk Dunia Kerja
Kegiatan ini bertujuan membekali siswa dengan keterampilan abad ke-21, mulai dari komunikasi, manajemen diri, hingga literasi keuangan dan digital, sehingga siswa lebih siap menghadapi tantangan dunia kerja.