Mohon tunggu...
Fimelia Rizqi Sabilla
Fimelia Rizqi Sabilla Mohon Tunggu... Mahasiswa - Mahasiswi

Setiap orang punya waktunya masing-masing

Selanjutnya

Tutup

Ilmu Sosbud & Agama

Good Looking VS Good Attitude

25 September 2021   22:31 Diperbarui: 23 Oktober 2021   17:38 389 2 4
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Lihat foto
Good Looking VS Good Attitude
Ilmu Sosbud dan Agama. Sumber ilustrasi: PEXELS

Dosen : Dr. Ira Alia Maerani, S.H., M.H. (Dosen Fakultas Hukum, Universitas Islam Sultan Agung, Semarang)

Fimelia Rizqi Sabilla (Mahasiswi Prodi Teknik Sipil, Fakultas Teknik, Unissula, Semarang)

Zaman sekarang banyak sekali wanita yang ingin good looking, tapi banyak pula yang melupakan mengenai good attitude. Sebenarnya apa itu good looking dan good attitude? Dan mana yang seharusnya lebih dikedepankan?

Istilah good looking dan good attitude memiliki arti yang sangat berbeda walaupun keduanya menggunakan bahasa Inggris. Good looking lebih menjurus ke penampilan seseorang yang bisa terlihat oleh mata. Sedangkan good attitude lebih menjurus ke sikap, perilaku atau etika seseorang.

Saat ini kita hidup dimana teknologi sudah canggih dan akan terus berkembang diberbagai bidang, mulai dari bidang pendidikan, kesehatan bahkan hingga bidang kecantikan. 

Bisa kita lihat bahwa banyak wanita yang berlomba-lomba agar good looking. Bahkan sebagian rela mengunakan produk kecantikan yang haram yang jelas dilarang penggunaannya oleh wanita muslimah, seperti menyambung rambut, mewarnai rambut dengan warna hitam, memakai behel digigi dengan tujuan kecantikan dan produk kecantikan lainnya. 

Good looking juga bisa dilihat lewat style atau gaya dalam berbusana atau berpakaian, yang terkadang tidak sesuai dengan syari'ah Islam. Dan mungkin sebagian orang menyangka bahwa good looking lebih unggul, karena terkadang orang dengan penampilan menarik lebih diterima dimasyarakat. Ibaratnya seperti saat kita membeli sebuah buku tanpa pikir panjang karena memiliki cover yang bagus, tanpa melihat isinya terlebih dahulu.

Sejatinya upaya kita agar menjadi good looking diperbolehkan jika sesuai dengan syari'ah Islam. Karena Islam sejatinya menyukai keindahan serta kebersihan. Dalam sebuah hadits sahih disebutkan,

"Sesungguhnya Allah Maha indah dan mencintai keindahan" (HR. Muslim dari Ibnu Mas'd radhiyallahu'anhu).

Mencintai keindahan berarti Allah SWT mencintai hamba-Nya yang selalu menjaga keelokan, kerapian dan kebersihannya saat beribadah kepada Allah SWT. Allah SWT mencintai keindahan hamba-Nya tidak hanya secara fisik, tetapi juga hal indah lain seperti akhlak, perkataan, hati dan juga perilaku.

Seseorang yang good looking belum tentu memiliki perilaku atau sikap yang baik. Banyak anak muda jaman sekarang yang mengalami krisis attitude, contohnya seperti berbicara menggunakan bahasa yang kasar kepada orang lain, menjadi pribadi yang sombong, tidak sopan kepada orang yang lebih tua dan masih banyak sikap tidak baik lainnya. Padahal attitude atau sikap baik sangat penting dalam kehidupan bermasyarakat. Mengapa good attitude itu penting? Memiliki good attitude atau sikap yang baik adalah suatu hal yang sangat diperlukan dalam menjalin hubungan baik dengan orang lain. Ketika kita baik kepada sesama, maka mereka juga akan bersikap baik juga kepada kita. Namun, jika kita bersikap tidak baik, maka orang lain juga akan bersikap demikian.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
Mohon tunggu...

Lihat Konten Ilmu Sosbud & Agama Selengkapnya
Lihat Ilmu Sosbud & Agama Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
VIDEO PILIHAN
KONTEN MENARIK LAINNYA
x
LAPORKAN KONTEN
Alasan