Mohon tunggu...
Fiksiana Community
Fiksiana Community Mohon Tunggu... Administrasi - Komunitas pecinta fiksi untuk belajar fiksi bersama dengan riang gembira

Komunitas Fiksiana adalah penyelenggara event menulis fiksi online yang diposting di Kompasiana. Group kami: https://www.facebook.com/groups/Fiksiana.Community/ |Fan Page: https://www.facebook.com/FiksianaCommunity/ |Instagram: @fiksiana_community (https://www.instagram.com/fiksiana_community/) |Twitter FC @Fiksiana1 (https://twitter.com/Fiksiana1)

Selanjutnya

Tutup

Puisi Pilihan

[Event Mingguan] Luahkan Perasaanmu Kawan

22 Februari 2016   17:35 Diperbarui: 22 Februari 2016   18:02 51
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

[caption caption="Kadang, apa-apa yang tertuang dari hati adalah satu keindahan yang mampu mengusik rasa"][/caption]

Bersyair Bersama Fiksiana Community

Naaah...^^ ketemu ma Mimin nih, heuheuheu... hobi banget yak narsis. Gimana Kawans? Semoga di sana sehat-sehat saja yak. Kali ini, Mimin mo ngasi tau soal event di Fiksiana Community - kelanjutan dari misi kami, yakni; Belajar Bersama. Nah, pada artikel yang lalu, Mimin sempat nyinggung sedikit soal event membuat syair, setelah event romansa berakhir.

Oke, pertama-tama ijinkan Mimin sedikit kembali mengingatkan kawan-kawan tentang si "syair" ini.

Syair, merupakan jenis puisi lama yang berasal dari Persia, masuk ke Indonesia lewat para pedagang Arab. Kata Syair sendiri berasal dari kata; syi'ir, atau sya'ur, yang bermakna; perasaan yang menyadari. Dengan kata lain; syair didasari oleh perasaan yang terlahir. Luapan, ungkapan dari hati. Melibatkan perasaan (hati) yang mendalam.
Syair bisa dibedakan menjadi lima jenis berdasarkan isi/konten yang terkandung; syair panji, syair cinta, syair kiasan, syair sejarah, dan syair agama alias religi.
Adapun ciri-ciri puisi yang bisa digolongkan ke dalam syair, sebagai berikut;

1. Sama seperti pantun, syair juga terdiri dari empat baris dalam setiap baitnya.

2. Setiap baris dalam bait terdiri dari 8 - 14 suku kata.

3. Memiliki karakteristik rima bertipe; a-a-a-a.

4. Selain menggunakan bahasa kiasan, semua baris dalam tiap-tiap baitnya merupakan isi.

Gimana kawans? Sudah kembali mengingatkah, prosa lama yang satu ini? Mimin harap udah pastinya hehhehe. Berikut di bawah ini Mimin lampirkan beberapa karya kawan-kawan FC yang memenuhi kualifikasi^^ sebagai perwakilan keseruan lainnya.

Yuuk, cekidot bareng...

 

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
  4. 4
  5. 5
  6. 6
Mohon tunggu...

Lihat Konten Puisi Selengkapnya
Lihat Puisi Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun