Mohon tunggu...
Fikri Zakia Qoimul Haq
Fikri Zakia Qoimul Haq Mohon Tunggu... Guru - Pendidik. Suami. Bapak. Tertarik dengan Pendidikan, Sosial dan Ekonomi

Jadilah manusia yang bermanfaat untuk ummat. Ingin hubungi penulis? email : fikri.players@gmail.com

Selanjutnya

Tutup

Parenting Pilihan

Tips Anak Kecanduan Membaca Buku

9 September 2022   06:00 Diperbarui: 9 September 2022   06:05 133 2 0
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Lihat foto
Parenting. Sumber ilustrasi: Freepik

Buku menurut para ahli adalah jendelah dunia. Dengan membaca buku, kita akan tahu bagaimana seisi dunia. Dalam era digital ini tentunya menjadi tantangan tersendiri untuk orangtua agar anak tetap gemar membaca buku dan juga agar anak tidak kecanduan dengan gawai. Karena sekali kecanduan dengan hal negatif yang dilakukan anak menggunakan gawai merupakan hal yang tidak direkomendasikan dalam masalah parenting

Nah, berikut adalah tips bagi para orangtua yang sedang persiapan punya anak atau bagi yang sedang hamil atau bagi yang sudah memiliki buah hati agar anak tetap gemar membaca. 

1. Orangtua Membaca

Hal ini terkadang tidak disadari oleh beberapa orangtua, karena inginnya anak langsung gemar membaca tanpa orangtua membaca buku. Ini adalah termasuk hal yang mustahil, karena apa yang dilakukan anak merupakan cerminan apa yang dilakukan oleh orangtua. Maka membacalah agar anak mengikuti kebiasaan orangtua.

2.  Bacalah Buku Sedari Anak dalam Kandungan

Pendidikan anak tidak hanya dilakukan ketika anak sudah lahir. Tapi pendidikan anak seharusnya dilakukan sejak anak didalam kandungan. Karena ketika dalam kandungan anak sudah bisa mendengarkan dan merasakan detak jantung ibu. Nah, ini merupakan momen yang tepat untuk mengenalkan anak dengan buku sedini mungkin. Para orangtua bacalah buku ketika sedang mengandung.

3. Biasakan Ajak Anak Untuk Membeli Buku

Di usia berapapun anak maka ajaklah mereka ke toko buku untuk membeli buku. Ini menstimulasi anak agar terbiasa dengan toko buku dan buku. Meski mereka belum bisa memilih buku, maka ajaklah bicara agar anak tahu pentingnya membaca dan membeli buku.

4. Buatlah Rak Khusus Untuk Meletakkan Buku

Kalau biasanya para orangtua membuat rak khusus untuk mainan anak. Maka untuk buku, buatlah rak khusus juga agar anak bisa melihat buku setiap hari. Dengan adanya rak khusus untuk buku, orangtua berharap agar anak tertarik terhadap apa yang ada di rak.

5. Ajaklah Membaca Setiap Hari

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...

Lihat Konten Parenting Selengkapnya
Lihat Parenting Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!

Video Pilihan

LAPORKAN KONTEN
Alasan