Dzulfikar
Dzulfikar Freelance writer

Content creator, Full Time Blogger, Freelancer, SEO Geek. For inquiries contact me delapanempat@gmail.com | dzulfikaralala.com

Selanjutnya

Tutup

Wisata Artikel Utama

Tips Menjaga Kebugaran Saat "Travelling"

14 Maret 2018   17:57 Diperbarui: 14 Maret 2018   20:33 472 3 0
Tips Menjaga Kebugaran Saat "Travelling"
Illustrasi/pexels.com

Menjaga kebugaran tubuh selama traveling punya banyak manfaat lo. Emangnya mau gitu sakit saat jalan-jalan? Nah, supaya tidak mudah sakit atau terserang penyakit ada beberapa aktivitas dan tips yang perlu dilakukan.

Nah, kebetulan sekali saya baru saja pulang dari Johor Bahru dan Singapura selama 5 hari 5 malam. Untuk pertama kalinya saya traveling ke luar negeri dengan anak-anak. Anak pertama saya berusia 7 tahun dan anak kedua saya berusia 2,5 tahun.

Aktivitas selama traveling yang tadinya direncanakan bisa mengunjungi 5 tempat wisata menjadi paling sedikit 3 tempat wisata saja dalam satu hari. Kendalanya karena kami memang jalan santai mengikuti ritme tubuh anak-anak yang butuh banyak istirahat dan tidur siang.

Lalu apa saja yang saya lakukan selama di luar negeri bersama anak-anak agar tetap sehat?

Perbanyak Air Putih

Untuk urusan soal air putih memang wajib bawa botol minum ke mana pun kita pergi. Beruntung nih waktu di Johor Bahru, harga air mineral cukup terjangkau hanya sekitar 1.5 RM (sekitar 5.500) ukuran 600ml, beda dengan di Singapura ya. Harga satu botol bisa mencapai 1.5 SGD sampai dengan 2 SGD. Kalau dirupiahkan sekitar 15 ribu sampai dengan 20 ribuan. 

Jadi, daripada beli minum yang harganya selangit mendingan sudah bekal bawa air minum sendiri. Buat saya sekeluarga, saya membawa dua botol air minum ukuran 600ml saja.

Usahakan jangan sampai kekurangan cairan terutama pada saat kondisi panas terik. Tapi, jangan salah juga lo karena pada saat musim dingin pun kadang-kadang kita tidak sadar mengalami proses dehidrasi karena selalu ke kamar mandi untuk buang air kecil. Jadi, baik saat musim panas atau musim dingin tetap sama pentingnya untuk menjaga cairan tubuh agar tidak mudah lelah apalagi sampai dehidrasi.


Siapkan Vitamin

Vitamin penting untuk menjaga tubuh agar tidak mudah terserang penyakit. Apalagi jika kita ke luar negeri wajib banget jangan sampai ngedrop saat berada di luar negeri. Apalagi kalau kita tidak punya asuransi yang bisa diklaim di luar negeri hahaha... berabe lah kalau sampai sakit di luar negeri.

Jadi, solusinya ya jaga kesehatan dengan meningkatkan imunitas tubuh. Salah satunya adalah dengan mengkonsumsi vitamin. Karena membawa anak-anak dan agar lebih praktis saya membawa vitamin bentuk cair.

Vitamin juga bisa didapatkan dari buah-buahan. Tapi, agar lebih praktis dan bisa dibawa ke kabin pesawat sekalipun saya membawa vitamin ukuran kecil berupa vitamin tetes. Ukurannya tidak lebih dari 100ml saja supaya lolos masuk bagasi pesawat.

Istirahat Saat Lelah

Jangan memaksakan diri saat tubuh sudah memberikan sinyal kelelahan. Istirahat secukupnya lalu lanjutkan perjalan kembali. Jika ternyata memang medan yang ditempuh sangat sulit, jangan memaksakan diri.

Itulah yang saya lakukan ketikatraveling bersama anak-anak di Johor Bahru. Tapi karena anak-anak punya batas kemampuannya masing-masing jadi kita sendiri yang bisa mengukur kapan harus tetap lanjut dan kapan harus berhenti atau kembali.

Tidur yang Cukup

Kadang-kadang masih juga yang banyak salah kaprah. Bukan berarti ketika traveling itu bisa bebas kapan harus istirahat. Sebaiknya supaya kondisi tubuh tidak kaget, saya tetap memberikan porsi tidur yang cukup. Paling minim ya 6 jam lah ya sudah cukup. Yang penting bisa mengejar sunrise dan bisa menikmati sunset.

Jogging Seminggu Sebelum Berangkat

Kebiasaan saya sebelumtraveling ke luar negeri adalah melakukan persiapan fisik seminggu atau dua minggu sebelumnya. Olahraga paling murah ya jogging. Tapi bisa juga berenang. Intinya harus ada olahraga fisik sebelum keberangkatan agar pada saat liburan fisik sudah siap dengan aktivitas yang padat sehingga tidak kaget atau shockkarena langsung digeber untuk jalan-jalan seharian. 

Instagram @DzulfikarAlala | Twitter @DzulfikarAlala | Facebook @DzulfikarAlala | Blog DzulfikarAlala