Mohon tunggu...
fikaa anggraeni
fikaa anggraeni Mohon Tunggu... Administrasi - mahasiswa

hobi olahraga

Selanjutnya

Tutup

Beauty

6 Tips Ampuh Cara Menghilangkan Ketombe

20 September 2022   23:47 Diperbarui: 20 September 2022   23:52 40 0 0
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Lihat foto
Beauty. Sumber ilustrasi: Unsplash

1. Menggunakan Sampo Anti-Ketombe

Cara awal untuk mengatasi ketombe, tentu dengan menggunakan produk sampo anti-ketombe. Produk tersebut akan membersihkan kulit kepala secara menyeluruh dan kandungan khususnya akan membantu mengurangi produksi minyak berlebih, sebum, bakteri serta jamur penyebab ketombe. Pastikan sampomu mengandung bahan-bahan seperti salicylic acid, zinc pyrithione, apple vinegar, willow bark, atau phenol.

2. Membuat Masker Rambut Alami 

Rutin menggunakan masker rambut juga bisa mengurangi adanya ketombe. Kalian bisa membuat masker rambut sendiri dari bahan-bahan yang mudah ditemukan di rumah seperti baking soda, cuka apel, garam epson, lemon, dan lidah buaya.

3.Mengkonsumsi Probiotik

Probiotik adalah bakteri baik bagi tubuh. Mengutip dari Healthline, mengonsumsi probiotik selama 56 hari dapat mengurangi ketombe secara signifikan pada 60 orang. Kamu bisa mulai mengonsumsi probiotik yang ada dalam makanan seperti yogurt, kimchi, bahkan tempe.

4. Menjaga Pola Makan Sehat

Munculnya ketombe juga dapat dipengaruhi oleh kesalahan kita dalam mengonsumsi jenis makanan tertentu. Dikutip dari Byrdie, mengurangi makanan yang mengandung glukosa tinggi akan berpotensi memunculkan jamur dan inflamasi. Sehingga, lebih baik mengonsumsi makanan yang mengandung omega 3. 

5. Mengelola Stres dengan baik

Dikutip dari Healthline, tingkat stres tinggi berjangka panjang akan membuat imun tubuh melemah dan mengganggu kemampuan tubuh melawan beberapa infeksi jamur. Kondisi tersebut akan berpotensi menimbulkan ketombe. Salah satu cara untuk mengelola stres yakni dengan rutin berolahraga dan meditasi.

6. Mengurangi Penggunaan Produk Penata Rambut

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...

Lihat Konten Beauty Selengkapnya
Lihat Beauty Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!

Video Pilihan

LAPORKAN KONTEN
Alasan