Mohon tunggu...
Ferry Mulyanto
Ferry Mulyanto Mohon Tunggu... -

Profesi saya sekarang ini adalah sebagai seorang Dosen Informatika di Universitas Pasundan Bandung. Di sela-sela kesibukan mengajar saya juga berperan sebagai seorang System Administrator di Universitas Pasundan yang mengelola seluruh Infrastruktur IT yang ada. Saya seorang Coffee Addict, seluruh tubuh dan jiwa saya bangkit ketika cafein mengalir dalam aliran darah :). Saya menyenangi dunia IT sejak usia 18 tahun, VB adalah bahasa pemrograman pertama saya. Saya terlahir di dunia IT sebagai seorang programmer dengan bahasa C & Java sebagai Basic Skill saya. Hingga akhirnya saya diberikan tugas sebagai pengelola infrastruktur LAB dan menjadi pengelola hardware,software serta server. Saya memutuskan untuk mulai belajar bagaimana menjadi seorang Solopreneur agar mampu menjadikan semua skill yang saya miliki bernilai jual. Saya gabungkan semua Passion saya dalam satu area - Bisnis, IT Skill, Marketing Saat ini saya punya sebuah tim kecil yang selalu membantu saya untuk menyelesaikan setiap pekerjaan-pekerjaan baik IT maupun online marketing.

Selanjutnya

Tutup

Pendidikan

7 Jurusan Kuliah untuk Anak IPA dengan Prospek Karier Paling Oke

2 Maret 2019   00:00 Diperbarui: 2 Maret 2019   11:06 958
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
https://unsplash.com/

Memilih jurusan kuliah itu sedikit tricky. Nggak bisa asal suka dan pilih, kamu juga perlu mempertimbangkan aspek lain---seperti minat dan bakat, kesesuaian dengan rencana ke depan, peluang karier, dan hal lain---supaya kamu bisa menjalaninya dengan lancar sampai wisuda nanti.

Nah, buat kamu yang punya background atau minat di bidang sains & teknologi, berikut jurusan kuliah IPA yang bisa dijadikan pilihan saat mendaftar nanti.

  • Astronomi

Senang mengamati langit malam dan memperhatikan objek-objek di atas sana? Kenapa tak mengambil jurusan Astronomi saja saat kuliah besok? Selain mempelajari ilmu fisika pada benda langit, kamu juga akan bertemu dengan mata kuliah yang membahas detail tentang alam semesta beserta isinya.

Prodi Astronomi sendiri dibagi menjadi 3 peminatan: Tata Surya, Kosmologi, serta Fisika Bintang dan Galaksi. Jurusan ini sangat cocok buat kamu yang senang dengan pelajaran Fisika dan ingin mengembangkan karier di bidang astronomi.

  • Teknologi Pangan

Jurusan kuliah IPA yang berikutnya adalah Teknologi Pangan. Program studi ini mempelajari tentang bagaimana makanan diproduksi dan diolah dengan aman sehingga memenuhi standar kebutuhan gizi konsumen.

Tidak cuma itu, di kelas kamu juga akan belajar mengenai efek setiap makanan yang dikonsumsi, yakni dalam ranah sosial, psikologi, ekonomi, sampai kultural. Menarik sekali, kan? Kelak setelah wisuda, kamu bisa berkarier sebagai peneliti dan ahli teknologi pangan di perusahaan bonafide.

  • Pendidikan Dokter

Siapa di antara kalian yang sewaktu kecil bercita-cita menjadi dokter? Nah, sekarang kamu bisa mewujudkannya dengan mengambil jurusan Pendidikan Dokter saat mengikuti seleksi masuk perguruan tinggi nanti.

Selain belajar tentang sistem tubuh manusia dan beragam penyakit secara lebih komprehensif, kamu juga bisa melanjutkan studi dengan mengambil spesialisasi sesuai minat dan rencana karier ke depan, misalnya dokter anak, dokter kandungan (obgyn), internis, dan lain-lain.

  • Farmasi

Selanjutnya ada jurusan Farmasi yang cocok banget buat anak IPA yang senang pelajaran Kimia sepertimu. Di kampus nanti kamu akan belajar banyak tentang obat-obatan dan teori lain yang berkaitan dengan kesehatan manusia.

Tak hanya itu, mahasiswa Farmasi juga akan dibekali dengan ilmu yang memadai sehingga nantinya dapat membuat, meracik, mencampur, memformulasi, mengidentifikasi, sampai menciptakan obat yang tidak hanya bisa menyembuhkan, tapi juga memenuhi standar kualitas dan kelayakan medis.

  • Statistika

Peminat IPA tak cuma bisa berkarier di bidang kesehatan, lho. Kamu yang hobi berhitung dan betah berlama-lama dengan teori matematika juga bisa melanjutkan kuliah di jurusan Statistika. Mahasiswa di prodi ini akan belajar banyak tentang proses pengolahan dan analisis data dari A-Z secara akurat.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...

Lihat Konten Pendidikan Selengkapnya
Lihat Pendidikan Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun