Mohon tunggu...
Febriesa Tri Nugroho
Febriesa Tri Nugroho Mohon Tunggu... Book Enthusiast

Read novels, Korean literatures and mostly fictions

Selanjutnya

Tutup

Hobi

Novel Fiksi Misteri Fotografi oleh Mijin Jung, BONE

18 Oktober 2020   08:15 Diperbarui: 18 Oktober 2020   08:30 8 2 0 Mohon Tunggu...

Dokpri
Dokpri
Dokpri
Dokpri
Judul: Bone (Tulang)
Penulis: Jung Mijin
Fotografi: Oh Sunhye
Penerjemah: Hyacinta Louisa
Penerbit: Penerbit Haru
Cetakan: Pertama, Maret 2020
Jml hal: 300 halaman
ISBN: 978-623-7351-28-3

Yoon Junwon, adalah seorang mahasiswa doktoral di sebuah universitas di Korea Selatan. Hidupnya biasa-biasa saja, namun Junwon mengalami banyak hari buruk karena perilaku Profesor pembimbing desertasinya. 

Sang profesor selalu mengeksploitasi mahasiswa bimbingannya dalam berbagai hal diluar urusan akademik. Hidup Junwon menjadi sedikit berantakan dan dipenuhi dendam.

Seo Hajin, tokoh utama wanita di dalam cerita. Putri seorang profesor senior, yang sedang menjalani studi di Belanda. Kembali ke Korea Selatan karena ayahnya meninggal dunia. 

Sesosok wanita yang unik dan kadang dianggap "gila". Hajin menyukai kegiatan merakit tulang menjadi sebuah karya seni. Hajin pun sering pergi ke galeri atau perpustakaan.

Jindo, teman dekat Junwon sekaligus teman seperjuangan dalam meraih gelar doktor. Keduanya dibimbing oleh profesor yang sama. Jindo yang telah menikah dan memiliki anak kembar merasa khawatir dengam Junwon yang masih sendirian apalagi selalu ditarik ulur oleh sang profesor.

Bone menceritakan kisah 3 tokoh tersebut. Pertemuan Junwon dan Hajin berawal dari kematiam ayah Hajin, Profesor Seo. Mereka berdua saling menyukai dan menjalim hubungan. 

Namun, setelah 4 bulan, hubungan mereka agak meregang. Hajin yang harus segera kembali ke Belanda, serta mengosongkan rumah dinas ayahnya. Sedangkan Junwon, harus fokus pada desertasinya agar bisa segera lulus. 

Tiba-tiba, Hajin menghilang dan tidak ada kabar sama sekali setelah 4 bulan menjalin hubungan dengan Junwon. Junwon kalang kabut mencari Hajin selama berminggu-minggu, namun akhirnya merelakannya pergi karena mengira Hajin telah kembali ke Belanda.

2 tahun kemudian, Junwon menemukan sekotak paket dialamatkan padanya. Berisi CD dan kartu pesan berisi alamat. CD yang diterima Junwon berisi video Hajin yang telah diculik dan disiksa. 

Penculik meminta uang tebusan 500 juta won. Hati Junwon tergolak dan berusaha mencari Hajin setelah tidak bertemu degannya selama 2 tahun lamanya.

Seluruh cerita berkisar pada kehidupan kedua tokoh tersebut. Alur cerita yang digunakan pun maju mundur. Jadi, kadang-kadang membingungkan. Namun, karena ini novel fiksi misteri fotografi, detail yang dijabarkan penulis sangat bagus. 

Penulis berhasil membangun karakter setiap tokoh lewat perilaku, perkataan, serta deskripsinya. Akhir cerita memiliki plot twist yang cukup bagus. Karena sebenarnya jawabannya sudah ada sejak di awal cerita. Bagi pembaca yang menyukai genre cerita thriller dan misteri namun bercampur romasa, kisah ini sangat direkomendasikan.

Personal Score: 7.5/10

VIDEO PILIHAN