Mohon tunggu...
fauziahrachmawati
fauziahrachmawati Mohon Tunggu... Guru yang suka menulis dan jalan-jalan

Pendidik yang senang membaca, menulis, jalan-jalan, dan nonton film

Selanjutnya

Tutup

Sehat dan Gaya Pilihan

Jalan Kaki: Olahraga Ringan di Bulan Ramadan

29 April 2021   22:57 Diperbarui: 29 April 2021   23:23 252 10 7 Mohon Tunggu...

Olahraga saat puasa? Beneran bisa?

Bisa dong, puasa bukan berarti menjadi alasan untuk mengurangi atau bahkan berhenti olah raga. Kita tetap bisa berolahraga dengan memilih jenis olahraga yang tepat dan dengan waktu yang terbatas.

Lha ketika ditanya tentang olahraga yang bisa dilakukan saat puasa, dengan mantab saya menjawab jalan kaki alias jalan-jalan. Karena hidup itu perjalanan bukan pelarian, eh becanda.

Karena jalan kaki tuh murah dan ringan. Semua orang memiliki modal untuk melakukan aktivitas ini tanpa membeli sesuatu yang mahal. Karena tiap-tiap orang memiliki kaki. Alat utama buat olah raga jalan kaki. Nggak perlu lama-lama juga, 10 menit perhari juga oke. Tapi kalau mau lama juga nggak papa sih.

Tapi meski olahraga ini murah dan ringan, ia memiliki banyak manfaat lo.

Mau tahu manfaat jalan kaki? Manfaat jalan kaki di antaranya adalah

  • Mengurangi stress

Dari penelitian yang saya baca, jalan kaki dapat membantu meningkatkan kejernihan mental dan membantu seseorang untuk berpikir lebih kreatif. Trus Rutin berjalan kaki dapat mengurangi dan mencegah stres. Ketika berjalan kaki atau melakukan aktivitas fisik lainnya, tubuh akan melepaskan hormon endorfin yang membuat kita merasa lebih baik, mengurangi rasa cemas, serta depresi. Tuh, jadi hayuk kapan kita jalan bareng? #eh

  • Menurunkan berat badan

Tahu nggak kalau jalan kaki dengan kecepatan sedang selama 30 menit dapat membakar hingga 150 kalori dalam tubuh. Jadi buat teman-teman yang merasa lemaknya berlebih, bisa mulai rutin jalan kaki

  • Baik untuk jantung

Apa hubungannya jalan kaki dan jantung? jalan kaki dapat meningkatkan denyut jantung, meningkatkan sirkulasi darah di dalam tubuh, dan memperkuat jantung.

  • Mencegah Osteoporosis

Pandemi ini rasanya kok malah membuat saya mager ya. Apalagi saat WFH, semua pekerjaan lewat ponsel dan laptop. Lha mager atau gaya hidup tidak aktif ini merupakan pemicu utama kaku pada persendian. Jika sudah terjadi, makan gejala akan berkembang menjadi radang sendi. Untuk mencegahnya, sebaiknya lakukan aktivitas fisik ringan, seperti berjalan kaki. Berjalan dapat melatih kekuatan sendi, dengan meningkatkan kepadatan tulang.

Yeai, itulah 4 manfaat jalan kaki bagi diri kita. Nggak cuma fisik tapi juga psikis. Sebenarnya masih ada banyak manfaat lain. Tapi kali ini kita bahas 4 dulu. Semoga bermanfaat.

Betewe sudahkah teman-teman olahraga hari ini?

Video jalan kaki

VIDEO PILIHAN