fauziahrachmawati
fauziahrachmawati Guru, penulis, blogger

Pendidik yang senang membaca, menulis, jalan-jalan, dan nonton film

Selanjutnya

Tutup

Travel

Destinasi Pegipegi ke Blitar 2D1N

10 November 2018   23:44 Diperbarui: 11 November 2018   00:12 503 1 1
Destinasi Pegipegi ke Blitar 2D1N
dokpri


Perjalanan ke Blitar sama dengan mengumpulkan remah-remah kenangan masa kecil. Karena di kota inilah saya sering menghabiskan liburan. Dan sepertinya sudah menjadi takdir kalau saya kembali dan kembali menikmati keindahan kota ini. Namun sekarang banyak yang berbeda. Blitar tak seperti dulu. Blitar berbenah, sekarang ada banyak sekali tempat wisata yang bisa kita singgahi. Dulu waktu kecil paling-paling saya pergi ke Sumber Udel, Makam Bung Karno, Alun-alun, dan Candi Penataran. 

Namun sekarang? Ada seabreg tempat wisata yang bikin Blitar menjadi akternatif wisata yang pas buat keluarga. Yes, jadi  saya memilih beberapa tempat wisata di Blitar. Kita mulai dari hari pertama.

Hari Pertama

Sebelum berangkat, kami  isi bensin 25.000. Lanjut main bareng sepupu.  Karena saya suka main di alam alias nature, jadi sengaja pilih sebagian besar destinasi yang menyatu dengan alam.

dokpri
dokpri

  • Rambut Monte 

Destinasi pertama, saya memilih Rambut Monte. Dari Alun-alun Kota Blitar, kami meluncur ke Garum -- Talun -- Wlingi. Dari Wlingi menuju arah desa Semen -- Tulungrejo -- Krisik. Mendekati tekape kita akan disambut dengan pemandangan terasiring dan kebun teh yang menyejukkan. Maunya sih foto-foto.. tapi jalanan becek dan belum nemu tempat buat naruh motor yang aman. Jadi lanjut aja terus ke Rambut Monte. Saya penasaran ma nih tempat, ada banyak ungkapan mistis yang saya dengar.

Sampai sana kami membayar tiket masuk @3.000 dan parkir 3.000. Murah banget! Saya dan sepupu adalah pengunjung pertama. Masih sepi. Dan taraaa hawa mistis itu menyapa. Untungnya pagi jadi nggak begitu serem wkwkwk...

Kami keliling dari satu sudut ke sudut berikutnya. Pemandangannya kece gaes, adem banget udaranya. Setelah puas keliling, kami meneruskan perjalanan ke Air Terjun Tirto Galuh

dokpri
dokpri

  • Air Terjun Tirto Galuh 

Air Terjun Tirto Galuh atau dikenal juga dengan nama Kedung Malang terletak di Desa Sidomulyo, Kec. Bakung, Kab Blitar. Air Terjun Tirto Galuh ini termasuk air terjun yang sangat unik, karena di satu lokasi terdapat banyak air terjun mini dengan ketinggian sekitar 3-5 meter. Yess inilah sallah satu alasan saya ke sini. Beneran deh eksotisme ekosistem kars di Blitar selatan tidak diragukan lagi. Kece badai.

Kami sampai sini menggunakan jasa google map. Jalan menuju ke sini sudah beraspal dan halus. Sesampai di tekape, terlihat beberapa orang memperbaiki gerbang masuk. Saat mau membayar tiket, petugas loket tidak ada dan saya diminta membawa uangnya. "Nanti saja pas pulang bayarnya,".

Lha, pas pulang, saya tidak ditarik. Cuman diminta tiket parkir 3.000. dengan kata lain gratis, tidak dipungut biaya. Ehm mungkin karena masih tahap renovasi.

Tak jauh dari Tirto Galuh ada Monumen Trisula. Tempat ini menjadi destinasi ketiga kami

dokpri
dokpri

  • Monumen Trisula

Monumen Trisula adalah salah satu monumen bersejarah di Kabupaten Blitar. Didirikan untuk memperingati penumpasan PKI yang ada di Bakung. Monumen Trisula diresmikan pada 18 Desember 1972 oleh M. Yasin yang saat itu menjabat sebagai Letnan Jenderal TNI AD yang bertugas sebagai Deputi Kepala Staf Tentara Nasional Indonesia Angkatan Darat. Dan disahkan oleh Surat Keputusan Panglima Daerah Militer VIII Brawijaya Mayor Jenderal TNI Wijoyo Soejono Bo: SKEP/2012/VIIII/1972 tanggal 16 Agustus 1972. Selain monumen, di sekitarnya terdapat rumah-rumah khas pedesaan yang dulu digunakan sebagai pusat komando operasi Trisula. Tidak ada retribusiuntuk bisa masuk ke tempat bersejarah ini. Tidak ada biaya parkir jugabb. Jadi bener-bener FREE.

dokpri
dokpri

  • Bukit Bonsai

Lanjut mampir ke Bukit Bonsai. Arah Monumen Trisula, Bukit Bonsai, dan jalan pulang searah. Jadi ya sekalian. Bukit Bonsai ini bisa dibilang destinasi baru di Blitar yang di desain kekinian banget. Letaknya di atas bukit dang berbagai ornament instagramable membuat tempat wisat aini cepat sekali dikenal. Yang tak kalah menarik kita cukup mengeluarkan 5.000 untuk tiket masuk dan 3.000 untuk parkir.

Saat ke sini pas senja, pas ada matahari tenggelam. Epic banget jadinya

dokpri
dokpri

  • Alun-alun kota Blitar

Setelah puas ambil foto di Bukit Bunda, kami meluncur ke alun-alun. Rumah Mbah ada di dekat alun-alun, hanyak 5 menit dari sini. Jadi kalau ke Blitar tak perlu ada biaya menginap, cukup menginap di Mbah.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
  4. 4