Mohon tunggu...
Fauzan Muhammad
Fauzan Muhammad Mohon Tunggu...

Seorang penulis pemula yang ingin didengarkan suaranya ke khalayak. Sangat suka membahas hal-hal yang memerlukan analisa tinggi.

Selanjutnya

Tutup

Kesehatan

Daftar Makanan/Minuman yang Dapat Merusak Ginjal

2 Januari 2018   05:26 Diperbarui: 2 Januari 2018   07:51 0 0 0 Mohon Tunggu...
Daftar Makanan/Minuman yang Dapat Merusak Ginjal
Sumber: https://publicdomainvectors.org/

Ginjal sebagai alat untuk detoksifikasi racun-racun sebaiknya perlu dijaga kesehatannya. Bayangkan jika Anda memiliki ginjal rusak, maka racun-racun dan kotoran akan mengendap di dalam tubuh. Racun yang tidak segera dibuang akan membahayakan organ lain. Itulah sebabnya kita harus menjaga kesehatan ginjal sedini mungkin.

Namun masih banyak orang-orang yang menjalankan pola hidup tidak sehat dan dapat mempengaruhi kesehatan ginjal. Pola hidup tidak sehat seperti kebiasaan mengonsumsi makanan junk food hingga merokok dan malas berolahraga masih sering dilakukan masyarakat. Apabila hal ini dibiarkan, maka berpotensi terkena gagal ginjal.

Daftar makanan berikut sebaiknya tidak Anda konsumsi setiap hari jika masih sayang kepada ginjal Anda, apa sajakah makanan yang dapat merusak ginjal ???

1.) Minuman Beralkohol

Minuman beralkohol dapat ditemukan pada minuman bir anggur. Walaupun rasanya enak, namun bahaya yang ditimbulkan jauh lebih beresiko. Seseorang yang terlalu banyak minum minuman beralkohol dapat merusak ginjal.

Hal ini sesuai dengan hasil penelitian yang menyebut, kandungan alkohol dalam minuman dianggap sebuah zat asing oleh organ ginjal, sehingga ginjal pun akan berusaha mengeluarkan senyawa alkohol. Namun, alkohol sendiri sangat sulit bereaksi yang akhirnya membuat kinerja ginjal semakin lebih keras lagi dalam membuang alkohol.

2.) Minuman Bersoda

Masih "kerabat" dari minuman beralkohol, minuman bersoda pun tak kalah berbahayanya apabila dikonsumsi terus menerus. Dikutip dari www.livestrong.com, menyebutkan kandungan karbonat pada soft drink dapat memberatkan kerja ginjal dalam menyaring kotoran dan racun di dalam tubuh. Bahkan penelitian yang sama di amerika menyebutkan jika karbonat tak beda dengan racun-racun dalam tubuh karena memang tak ada manfaatnya. Mengonsumsi 2 botol minuman bersoda setiap hari dapat meningkatkan resiko terkena penyakit gagal ginjal, diabetes, hingga hipertensi.

3.) Pewarna Makanan

Perkembangan industri makanan semakin berkembang setiap tahunnya, dalam lima tahun belakang, tren makanan penuh warna masih populer di masyarakat. Makanan yang dipenuhi warna itu didapat dengan mencampur bahan makanan dan pewarna makanan. Kendati tidak berbahaya, namun apabila dikonsumsi secara berkala juga dapat mengganggu kerja ginjal. Selain itu, pewarna makanan tidak memberikan gizi tambahan.

4.) Sirup dan minuman berwarna

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
KONTEN MENARIK LAINNYA
x