Mohon tunggu...
Firda Fatimah
Firda Fatimah Mohon Tunggu... Mahasiswi Pendidikan

Bismillaah, sedang belajar menulis đŸ˜‡ // IG : @fatim_firda

Selanjutnya

Tutup

Ilmu Sosbud & Agama Artikel Utama

Pahami "Self Esteem", Bantu Siswa Membangun Nilai Positif Dirinya

3 Januari 2021   05:04 Diperbarui: 8 Januari 2021   13:43 516 49 21 Mohon Tunggu...
Lihat foto
Pahami "Self Esteem", Bantu Siswa Membangun Nilai Positif Dirinya
Siswa yang percaya diri - penerbitbmedia.com

"Self esteem yang positif akan sangat berpengaruh pada kesuksesan belajar siswa."

Untuk bisa meraih prestasi belajar yang memuaskan tak hanya faktor kecerdasan yang menentukan. Usaha dan juga motivasi belajar yang ada pada diri siswa akan sangat berpengaruh terdapat kesuksesan belajarnya.

Dalam hal ini, self esteem berperan sangat penting dalam proses belajar siswa. Pengajar atau guru yang kompeten, ia akan mampu merangsang siswa untuk menumbuhkan self esteem positif sehingga siswa dapat belajar dengan motivasi tinggi yang kemudian berdampak pula pada prestasi belajarnya.

Sebenarnya apa sih Self Esteem itu?

Secara sederhana, self esteem dapat kita maknai dengan "keberhargaan diri". Sedangkan menurut Orth dan Robins (2014) self esteem adalah penilaian seseorang terhadap diri sendiri baik positif maupun negatif.

Dalam Jurnal Education yang diterbitkan pada April 2018, disimpulkan bahwa self esteem adalah "(1) penilaian seseorang secara umum terhadap dirinya sendiri, baik berupa penilaian negatif maupun penilaian positif yang akhirnya menghasilkan perasaan keberhargaan atau kebergunaan diri dalam menjalani kehidupan. (2) kemampuan untuk memahami apa yang dapat dilakukan dan apa yang telah dilakukan, (3) penetapan tujuan dan arah hidup sendiri, (4) kemampuan untuk percaya pada kemampuan sendiri, dan tidak merasa iri terhadap prestasi orang lain."

Berdasarkan pengertian di atas dapat kita pahami bahwa self esteem pada siswa adalah penilaian siswa terhadap dirinya dalam hal memahami kemampuan diri baik itu positif maupun negatif. Apakah siswa tersebut merasa dirinya berharga, mampu, berani berpendapat, berani mencoba, tidak takut salah, itu semua dipengaruhi oleh self esteem yang ada pada dirinya.

Self esteem mempengaruhi banyak hal, seperti motivasi belajar, menerima tantangan, pikiran yang fokus, interaksi dengan guru, interaksi dengan sesama teman, bahkan interaksi dengan orang lain diluar kelas.

Berdasarkan survei yang dilakukan oleh Mary H Guidon, Penulis buku "A Counseling Primer" bahwa karakteristik siswa yang memiliki self esteem tinggi mereka memiliki rasa percaya diri, ramah, bahagia, optimis, motivasi tinggi, berani berkompetisi, toleransi, aktif, tidak insecure, tegas, peduli, bertanggung jawab, dll.

Sedangkan siswa yang dengan self esteem rendah, mereka cenderung malu, insecure, tidak bahagia, rendah motivasi, tidak percaya diri, tidak mau mengambil tantangan, rendah diri, depresi, dll.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
VIDEO PILIHAN