Mohon tunggu...
Fatmi Sunarya
Fatmi Sunarya Mohon Tunggu... Bukan Pujangga

Menulis Menghidupkan Jiwa Yang Mati---- Ingin tetap membumi 🤗

Selanjutnya

Tutup

Foodie Pilihan

Ikan Seluang Danau Kerinci yang Semakin Langka

18 Maret 2021   20:25 Diperbarui: 18 Maret 2021   21:15 344 66 22 Mohon Tunggu...
Lihat foto
Ikan Seluang Danau Kerinci yang Semakin Langka
Nelayan Danau Kerinci/Foto Fatmi Sunarya

Kabupaten Kerinci terletak di ujung barat Propinsi Jambi dan berbatasan langsung dengan Propinsi Sumatera Barat, dengan topografi berupa perbukitan dan pegunungan. 

Tentu saja tidak terdapat lautan di Kerinci, makanya untuk kebutuhan konsumsi ikan laut didatangkan dari Kabupaten Pesisir Selatan (Provinsi Sumatera Barat) yang merupakan kabupaten tetangga. Sementara Kerinci hanya terdapat ketersediaan ikan air tawar dari sungai dan Danau Kerinci. Danau Kerinci merupakan sentra ketersediaan ikan untuk wilayah Kerinci.

Ikan Semah, Ikan Medik (Nilem), ikan Barau, Ikan Puyu (betok) dan ikan Seluang merupakan ikan spesifik lokal yang hidup di Danau Kerinci, di samping itu juga ada lobster air tawar. 

Ikan spesifik lokal Danau Kerinci ini semakin langka dan populasinya semakin sedikit. Ini disebabkan penangkapan yang berlebihan dan daya dukung yang semakin menurun. Dan ini juga tidak terlepas dari usaha keramba yang menjamur di Danau Kerinci.

Menjala ikan diantara keramba-keramba/Foto Fatmi Sunarya
Menjala ikan diantara keramba-keramba/Foto Fatmi Sunarya

Ibu Susi Pudjiastuti pada kunjungannya di Danau Kerinci pada 12 Februari 2019 silam telah mengingatkan bahwa Danau Kerinci harus diselamatkan dari pencemaran usaha keramba ikan (jaring apung) jangan sampai melebihi kapasitas. 

Supaya tidak bernasib sama dengan Danau Toba, Sumatera Utara, Danau Maninjau dan Singkarak, Sumatera Barat maupun Cirata dan Saguling, Jawa Barat. Pencemaran akibat over kapasitas keramba di beberapa danau tersebut membuat ikan mati massal, sehingga banyak petani dan pengusaha merugi.

Beberapa hari yang lalu, pada hari libur kerja yaitu hari Sabtu dan Minggu, saya biasa berburu ikan dari Danau Kerinci. Ikan-ikan segar ini memang selalu tersedia di pasar Sungai Penuh tapi dengan jumlah yang sedikit. Tidak seperti Ikan Nila dari hasil keramba selalu tersedia setiap saat. 

Dan saya beruntung, Sabtu kemaren mendapati Ikan Seluang di pasar. Ikan Seluang ini sangat jarang dan harganya lumayan tinggi. Menurut penjualnya, jika bulan purnama baru banyak Ikan Seluang yang bisa ditangkap. Ikan seluang ini 1/4 kg dihargai Rp. 25.000,-. Kalau bulan puasa malah lebih mahal bisa Rp. 30.000. Pada penjual Ikan Seluang ini hanya ada satu baskom kecil Ikan Seluang. Benar-benar kian langka.

Ikan Seluang/Foto Fatmi Sunarya
Ikan Seluang/Foto Fatmi Sunarya

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
VIDEO PILIHAN