Mohon tunggu...
fariz ardi
fariz ardi Mohon Tunggu... Mahasiswa - Mahasiswa biasa

mahasiswa biasa

Selanjutnya

Tutup

Ruang Kelas

Dosen PGSD UMM Launching Aplikasi Android Cerita Anak Berbasis Penguatan Pendidikan Karakter

30 November 2021   06:39 Diperbarui: 30 November 2021   06:42 63 1 0
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun

Malang- Dosen Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Universitas Muhammadiyah Malang memperkuat pendidikan karakter melalui aplikasi cerita anak berbasis Penguatan Pendidikan Karakter. Aplikasi android ini merupakan karya dari Dosen Prodi Pendidikan Guru Sekolah Dasar Universitas Muhammadiyah Malang yaitu Arinta Rezty Wijayaningputri, S.Pd, M.Pd, Murtyas Galuh Danawati, S.Pd, M.Pd, dan Innany Mukhlisina, M.Pd.

Aplikasi ini dibuat karena pandemi ini semua sekolah daring menggunakan aplikasi contohnnya zoom, google meet, dan masih banyak lagi. Karena rana PGSD ke SD an oleh karena itu tim yang terdiri dari ke 3 dosen tersebut membuat aplikasi yang tematik karena ke SD an. Setelah itu muncul sebuah ide untuk membuat aplikasi yang tematik dari passion ke 3 dosen yaitu bu Murtyas Galuh Danawati, S.Pd, M.Pd dari Pendidikan Kewarganegaraan, bu Innany Mukhlisina, M.Pd dari Bahasa Indonesia dan bu Arinta Rezty Wijayaningputri, S.Pd dari Ilmu Pengetahuan Alam. Oleh karena itu muncullah Aplikasi cerita anak berbasis Penguatan Pendidikan Karakter. Pada Aplikasi tersebut tim ini mengembangkan dari RPP yang mana terdapat KI, KD, tujuan, materi, cerita anak, dan juga game. Game pada aplikasi ini yaitu TTS (Teka Teki Silang) sampai dengan evaluasi.

Aplikasi ini launching pada hari kamis, 09 September 2021 melalui virtual zoom yang dihadiri oleh perwakilan guru dari SD/MI Muhammadiyah Kabupaten Malang. Terdapat 8 sekolah yang berpartisipasi dalam kegiatan ini yaitu SD Muhammadiyah 1 Kepanjen, SD Muhammadiyah 2 Sumber Pucung, SD Muhammadiyah 3 Tumpang, SD Muhammadiyah 6 Lawang, SD Muhammadiyah 7 Wajak, SD Muhammadiyah 8 Dau, MI Muhammadiyah  9 Rajinan, dan SD Muhammadiyah 10 Pagak. Aplikasi ini bertujuan untuk media pembelajaran berbasis teknologi. Sasaran dari aplikasi ini adalah Anak Sekolah Dasar kelas 4.

Harapan kedepannya untuk aplikasi ini adalah mengembangkan aplikasi ini dan juga memperkenalkan tidak hanya dalam lingkup kabupaten Malang tetapi di Seluruh Indonesia, aplikasi ini dapat berkembang dan dapat diperkenalkan kepada anak-anak di indonesia. Aplikasi ini bukan sekedar aplikasi ataupun game akan tetapi didalamnya terdapat materi-materi. Untuk guru SD sendiri dapat membuat aplikasi yang sesuai dengan RPP dan untuk Dosen sama-sama mengembangkan untuk pendidikan.

Mohon tunggu...

Lihat Ruang Kelas Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
VIDEO PILIHAN
LAPORKAN KONTEN
Alasan