Mohon tunggu...
Farhan AdiyatmaPutra
Farhan AdiyatmaPutra Mohon Tunggu... Pelajar Sekolah - Pelajar

Pemuda harapan pemudi

Selanjutnya

Tutup

Kesehatan

Car Free Day Rindam Magelang Kini Beroperasi Lagi!!

18 Januari 2022   11:13 Diperbarui: 18 Januari 2022   11:34 241 0 0
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun

CAR FREE DAY atau yang sering di sebut dengan CFD yakni hari bebas kendaraan bertujuan untuk mensosialisasikan kepada masyarakat yang bertujuan meliputi kegiatan yang melakukan aktivitas setiap hari Sabtu dan hari Minggu pada jam 06.00 - 11.00 yang berlokasi di Lapangan Rindam, Kota Magelang.

semenjak adanya virus covid 19, Car Free Day di larang beroprasi karena dikhawatirkan menyebar luaskan virus tersebut. banyak pedagang yang memiliki dampak besar akibat dari tidak adanya cfd atau Car Free Day, tetapi untunglah sekarang kota Magelang mencapai level 1 ppkm sehingga Carr Free Day dapat beroprasi lagi. pedangang-pedagang kaki lima kini pun mulai bangkit lagi, dan masyakarat kota Magelang menjadi senang karena adanya Car Free Day setelah sekian lama berdiam diri di dalam rumah.

Pada hari pelaksanaan Car Free Day, ada beberapa bagian ruas jalan kendaraan bermotor yang ditutup dandigunakan untuk pejalan kaki dan pengendara tidak bermotor atau yang di sebut dalam bahasa Inggris (non-motorizedtransportation). Penutupan jalan sebagai dampak dari pemberlakuan Car Free Day memberikan kesempatan bagi masyarakat untuk berolahraga di jalan-jalan yang biasa dilewati kendaraan pribadi.

Aktivitas kegiatan cfd pun meliputi sepeda santai, jalan santai, senam, jogging, volly, sepak bola dan lain-lain. Car Free Day pun menjadikan hal positif karena untuk menjaga kesehatan serta imun tubuh yang kuat. 

Selain ber olahraga tentunya ada pula kuliner yang sangat komplit dan tersusun dengan rapi di sepanjang jalan, dari makanan tradisional hingga makanan modern, dari makanan ringan hingga makanan berat, serta minumannya. Saya sarankan cocok untuk para pecinta kuliner. 

Kebanyakan pengunjung yang datang ke Car Free Day Kebanyakan kalangan remaja, seperti anak smp hingga kuliahan. Anak-anak, orang tua hingga orang lanjut usia pun tak kalah dengan anak remaja jaman sekarang, mereka dengan keluarga nya disini berkumpul, berolahraga atau sekedar beristirahat melepaskan penat yang beberapa hari melakukan pekerjaan yang melelahkan. 

Kegiatan Car Free Day juga memiliki fungsi ruang publik dan ruang sosial untuk warga Kota Magelang, ruang publik berfungsi sebagai ruang interaksi sosial penduduknya, menciptakan atau munculnya ide-ide yang kreatif, dan beraktivitas kegiatan bersama. Kegiatan ini menjadikan ada nya interaksi beberpa hal positif seperti terjadinya hubungan sosial yang lebih baik antar sesama masyarakat Kota Magelang. 

Manfaat positif Car Free Day selain menjaga kesehatan tubuh ada pula menjaga lingkungan tetap hidup, yakni bisa menurunkan kadar polusi udara di bumi sekitar 75%, serta jalanan yang bebas dari kendaraan bermotor membuat ketersediaan ruang hijau menjadi banyak. 

Berkurangnya kendaraan bermotor tentunya akan berpengaruh pada tingkat polusi udara. Maka dari itu semakin sedikitnya kendaraan yang berlalu lintas akan membuat udara di bumi menjadi lebih sejuk, sehat, dan bersih.

Selain dalam ajang Car Free Day, kamu juga bisa menjaga lingkungan hidup dengan menerapkan hal-hal yang tidak merusak bumi. Misalnya dengan tidak membuang sampah sembarangan. 

Masyarakat Kota Magelang diperbolehkan melakukan olahraga di luar ruangan dengan memanfaatkan Car Free Day. Dari Pemerintah Kota Magelang juga sudah menyediakan fasilitas penunjang penerapan protokol kesehatan, misalnya tempat cuci tangan bagi masyarakat Kota Magelang.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...

Lihat Konten Kesehatan Selengkapnya
Lihat Kesehatan Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
VIDEO PILIHAN
LAPORKAN KONTEN
Alasan