Mohon tunggu...
Farhati Mardhiyah
Farhati Mardhiyah Mohon Tunggu... Full Time Blogger - Blogger

Full time copy and content writer Blogger yang punya ketertarikan pada jalan-jalan, makanan, budaya, lingkungan. Magister lingkungan gadungan ini masih belajar untuk siap berkontibusi kepada Indonesia lebih melingkung dan berkelanjutan. Mari berteman di dunia maya dan tatap mata, kindly check IG : https://www.instagram.com/farhatimardhiyah Twitter : https://www.instagram.com/farhatimardhiah Blog : https://www.farhatimardhiyah.com

Selanjutnya

Tutup

Lyfe

Jerawatan Pakai Masker? Ketahui 4 Penyebab Utamanya

26 September 2020   09:29 Diperbarui: 26 September 2020   09:35 277
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Wajah mengalami jerawatan pakai masker dikategorikan sebagai Acne Mechanica atau Maskne. Penyebabnya dipicu akibat tekanan atau gesekan permukaan kulit dengan kain tebal atau alat pelindung yang digunakan dalam jangka waktu cukup lama. 

Sebelum pandemi, biasanya jerawat ini sering ditemukan di area punggung akibat gesekan baju yang berkeringat dengan kulit, atau sering ditemukan pada beberapa atlet yang harus menggunakan pakaian tertutup.

Nah, sebenarnya apa sih yang terjadi ketika kulit wajah tertutup oleh masker, dan kenapa ya bisa menyebabkan jerawat? Yuk, simak ulasannya berikut ini!

Terjadi Gesekan dengan Masker Secara Terus Menerus

Selama menggunakan masker, aktivitas bernafas dan berbicara tetap dilakukan. Nah, ketika mulut kamu bergerak akan menyebabkan terjadinya gesekan antara permukaan kulit wajah dengan masker.

Gesekan ini bisa menyebabkan rusaknya skin barrier, kondisi diperparah dengan suhu panas di area wajah yang tertutup masker

Udara Panas Dapat Meningkatkan Sebum

Udara panas di dalam masker dapat menyebabkan kulit wajah mengalami iritasi atau peradangan. Selain itu, dalam kondisi panas dapat meningkatkan produksi sebum atau minyak wajah.

Sehingga, dengan kondisi tersebut akan mempercepat timbulnya jerawat di area tertutup oleh masker.

Kulit Lebih Lembab Bercampur Keringat

Kulit lembab ini bukan alami dimiliki oleh kulit wajah kamu. Akibat dari skin barrier kamu rusak, ditambah udara panas akan mengakibatkan kulit lebih lembab yang bercampur dengan keringat. Hal ini akan mengakibatkan iritasi kulit wajah lebih parah lagi.

Kotoran Dari Sisa Makeup Non-Transferproof

Makeup non-transferproof akan menyebabkan sisa makeup menempel pada kain masker. Akibatnya, sisa makeup akan bercampur dengan kotoran, keringat dan produksi minyak pada wajah kamu. Sehingga, pori-pori pada area wajah tertutup akan tersumbat. Inilah yang akan memicu timbulnya jerawat.

Dari keempat penyebab tersebut, jerawat karena masker bisa diatasi dengan mengganti produk makeup transferproof. Sebaiknya, pilih produk yang memiliki benefit utama dapat mengontrol sebum, tentunya bisa menjaga skin barrier

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...

Lihat Konten Lyfe Selengkapnya
Lihat Lyfe Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun