Mohon tunggu...
Anisa Farah
Anisa Farah Mohon Tunggu... selalu percaya sebuah usaha untuk meraih kesuksesan

berusahalah dengan sungguh - sungguh untuk mencapai apa yang kau inginkan

Selanjutnya

Tutup

Ilmu Sosbud & Agama

Cara Mengembangkan Minat dan Bakat

2 Desember 2020   23:05 Diperbarui: 2 Desember 2020   23:08 34 4 0 Mohon Tunggu...
Lihat foto
Cara Mengembangkan Minat dan Bakat
schoolofparenting.id

Anda bukan orang yang tak berbakat. Hanya saja anda belum mengetahui dibidang apa bakat anda terpendam. Carilah, dan raihlah impiannmu.

"Apa sih bakat mu?", "kok bakat kita nggak sama?", "kamu minat apa?"

Pasti sering bukan dari kita mendengar pertanyaan pertanyaan seperti itu. Apalagi untuk kita para pelajar. Pasti sering sekali di tanya teman, guru, kerabat, tentang bakat dan minat yang kita miliki, bahkan sekolah pun terkadang menanyakan bakat dan minat yang dimilki muridnya, agar murid dapat mengembangkan bakatnya.

Bakat dan minat setiap orang pasti berbeda bukan?. Bakat ku dan bakat mu pasti berbeda.

Bakat dan minat seringkali dihubungkan. Definisi sederhananya Bakat adalah suatu kemampuan atau keunggulan yang dimiliki seseorang, sedangkan minat adalah ketertarikan seseorang dengan suatu hal. Memang bakat dan minat memiliki keterkaitan, contohnya Ketika ada anak yang tertarik dengan olah vocal dan dia mempelajari terus menerus maka ia mempunyai bakat bernyanyi.

Adapun perbedaan antara Bakat Dan Minat:

Bakat : tidak berubah ubah, tidak mudah dikenali, berasal dari dalam diri seseorang

Minat : dapat berubah, mudah dikenali, dapat dipengaruhi oleh lingkungan

Minat seseorang harus dikembangkan sejak masih anak anak. Apabila minat tidak dikembangkan maka tidak adanya sebuah bakat. Seseoang yang mampu mengembangkan minat maka dapat menciptakan sebuah bakat.peran orang tua sangatlah penting untuk agar anak mampu menentukan minatnya dan dapat mengembangkan bakatnya.

" Dari Annas Radhiyallahu 'anhu berkata: Rasulullah pernah bersabda : setiap anak dilahirkan diatas fitrah, maka ibu bapaknya yang menentukan agamanya, yahudi, Nasrani, atau majusi".

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
VIDEO PILIHAN