Mohon tunggu...
KELOMPOK 6 XIF6
KELOMPOK 6 XIF6 Mohon Tunggu... Pelajar Sekolah - Pelajar

belajar

Selanjutnya

Tutup

Pendidikan Pilihan

Pilih Jurusan dengan Cermat! Kenali Bakat dan Minat Anda

6 Mei 2024   21:25 Diperbarui: 6 Mei 2024   21:53 48
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Orang sedang tertidur saat belajar. | Pinterest/Education Week Press

Terkadang, kita sering salah dalam mengambil keputusan. Baik dalam jalan atau arah, destinasi, atau bahkan salah dalam mengambil keputusan tentang pendidikan, contohnya seperti salah mengambil jurusan saat SMA. Jikalau saat SMA saja sudah salah jurusan, bagaimana nasib jika salah mengambil jurusan perkuliahan? Waduh, bisa bahaya banget!

Nah supaya kita tidak salah dalam mengambil jurusan dalam perkuliahan, kita dapat sesuaikan dengan minat dan bakat kita. Minat dan bakat adalah faktor terpenting dalam pengambilan keputusan itu. 

Jadi, pikirkan baik-baik dan serius supaya kita tidak termasuk orang yang salah dalam mengambil jurusan perkuliahan. Tapi, kamu udah tau apa yang dimaksud dengan minat dan bakat, belum? Mau tau tips tips apa aja untuk memilih jurusan yang sesuai dengan minat dan bakatmu? Yuk, simak lebih lanjut!

Minat adalah kecenderungan hati yang tinggi pada sesuatu tanpa suruhan. Sementara itu, bakat adalah kemampuan bawaan berupa potensi yang masih perlu dikembangkan atau dilatih untuk mencapai kecakapan, pengetahuan, dan keterampilan khusus.

Ada 3 unsur/faktor yang membentuk minat kita: (menurut buku Educational Psychology, Psikolog Lester Crow dan Alice Crow)


1. Faktor dari dalam:

Kebutuhan jasmani dan keijawaan seseorang yang menimbulkan minat. contohnya : orang yang suka membaca biasanya memiliki kebutuhan rasa ingin tau yang tinggi. Orang yang suka bermain bola biasanya memiliki kebutuhan bersaing dan bertanding. 

2. Faktor motif sosial:

Minat juga bisa tumbuh dalam diri seseorang dengan dorongan positif dari orang-orang sekitarnya.  Contohnya ketika bermain gitar lalu dipuji teman mu, maka pujian tersebut dapat menumbuhkan minat bermain gitar.   

3. Faktor emosional:

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...

Lihat Konten Pendidikan Selengkapnya
Lihat Pendidikan Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun