Mohon tunggu...
Falia Musi Ardani
Falia Musi Ardani Mohon Tunggu... Mahasiswa

Falia Musi Ardani adalah seorang digital strategist asal Bandung yang aktif membangun bisnis, mengembangkan strategi pemasaran, dan membangun personal branding. Berpengalaman di bidang media sosial, moderasi acara, hingga modeling, Falia dikenal dengan kreativitasnya dalam menciptakan ide-ide segar serta kemampuannya membangun komunikasi yang dekat dengan audiens.

Selanjutnya

Tutup

Entrepreneur

70% Waktu Kerja bisa DiPangkas! Yolk Automation Jadi Sistem Otomatis Pertama di Indonesia

13 September 2025   20:34 Diperbarui: 13 September 2025   20:34 7
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Entrepreneur. Sumber ilustrasi: FREEPIK/Jcomp

Bandung ---13/09/2025

Perusahaan rintisan Yolk Automation memperkenalkan sistem otomatisasi bisnis end-to-end yang diklaim dapat memangkas proses manual berhari-hari menjadi alur kerja cerdas hanya dalam hitungan menit.

Dengan menggabungkan CRM, chatbot, integrasi pembayaran, hingga laporan keuangan, Yolk Automation disebut siap membantu bisnis di berbagai sektor meningkatkan efisiensi dan ketepatan operasional.

Alur Otomatisasi dari Awal Hingga Akhir

Berbeda dari sistem konvensional, Yolk Automation menawarkan alur menyeluruh sejak calon pelanggan pertama kali mendaftar hingga menjadi klien tetap.

  1. Pendaftaran
    Proses dimulai dari formulir pendaftaran yang otomatis masuk ke sistem CRM. Status calon pelanggan dapat diperbarui secara real time.

  2. Interaksi Customer
    Chatbot terintegrasi memungkinkan komunikasi langsung dengan pelanggan. Ketika status berubah menjadi meeting, sistem secara otomatis mengirimkan tautan rapat ke pelanggan.

  3. Kesepakatan Bisnis
    Setelah ada kesepakatan, bot segera memberi notifikasi ke tim internal. Setiap divisi kemudian menjalankan tugas sesuai bagiannya tanpa perlu instruksi manual.

  4. Pembayaran
    Sistem secara otomatis membuat dokumen penting seperti MoU dan invoice, lalu mengirimkannya ke pelanggan. Jika pembayaran tertunda, notifikasi akan dikirimkan melalui email. Begitu pembayaran diterima, tim juga akan mendapat pemberitahuan untuk melakukan verifikasi rekening.

  5. Onboarding & Dashboard
    Setelah pembayaran tuntas, pelanggan masuk ke tahap onboarding. Semua aktivitas kemudian terekam di dashboard yang menampilkan data penting: jumlah pelanggan, pemasukan, pengeluaran, hingga performa keseluruhan bisnis.

Efisiensi yang Terukur

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...

Lihat Konten Entrepreneur Selengkapnya
Lihat Entrepreneur Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun