Mohon tunggu...
Fakhrur Rozi
Fakhrur Rozi Mohon Tunggu... Mahasiswa

Mahasiswa

Selanjutnya

Tutup

Ilmu Sosbud & Agama

Pelatihan Membuat Kerajinan dari Pelepah Pisang oleh Mahasiswa KKN UM di Desa Srigonco

30 Desember 2020   18:26 Diperbarui: 30 Desember 2020   18:41 309 0 0 Mohon Tunggu...
Lihat foto
Pelatihan Membuat Kerajinan dari Pelepah Pisang oleh Mahasiswa KKN UM di Desa Srigonco
Mahasiswa KKN UM Srigonco Bersama Warga Desa Srigonco Membuat Kerajinan dari Pelepah Pisang pada Sabtu (26/12/2020) | dokpri

 Mahasiswa Kuliah Kerja Nyata (KKN) Sinambung Universitas Negeri Malang (UM) Desa Srigonco, Kecamatan Bantur, Kabupaten Malang melakukan kegiatan Pelatihan Kerajinan Pelepah Pisang kepada masyarakat desa Srigonco pada Sabtu (26/12/2020) di Balai Desa Srigonco.

Kegiatan tersebut dilakukan bersamaan dengan kegiatan Pelatihan Pisang Gapit. Dan alasan kenapa pelepah pisang yang digunakan sebagai bahan kerajinan adalah karena banyaknya pohon pisang yang ada di Desa Srigonco. Untuk mengurangi limbah yang berasal dari pohon pisang, maka Mahasiswa KKN UM Srigonco memanfaatkan pelepah pisang untuk kerajinan yang memiliki harga jual.

Mahasiswa KKN UM Srigonco Mendemonstrasikan Kerajinan dari Pelepah Pisang  | dokpri
Mahasiswa KKN UM Srigonco Mendemonstrasikan Kerajinan dari Pelepah Pisang  | dokpri

Pelepah pohon pisang dapat dimanfaatkan untuk dua hal. Pelepah pisang yang basah dapat digunakan untuk membuat kripik dan pelepah pisang yang sudah dijemur dan kering dapat digunakan untuk kerajinan yang awet dan tidak bau. Kerajinan tersebut seperti membuat hiasan pada tutup tisu, kotak pensil, dan lain-lain.

Pelatihan yang diselenggarakan oleh Mahasiswa KKN UM Srigonco mendapat sambutan positif dari masyarakat desa serta Kepala Desa Srigonco. Pelatihan kerajinan yang didemonstrasikan oleh Mahasiswa KKN UM Srigonco adalah membuat tempat tisu dan kotak pensil.

"Untuk kerajinannya bisa bervariasi tergantung dari keinginan dan kebutuhan masing-masing." Ujar soarang Mahasiswa KKN UM Srigonco yang menjelaskan tentang kerajinan pelepah pisang.

Mahasiswa KKN UM Srigonco Menjelaskan Tahapan-Tahapan Membuat Kerajinan kepada Salah Seorang Warga Desa Srigonco | dokpri
Mahasiswa KKN UM Srigonco Menjelaskan Tahapan-Tahapan Membuat Kerajinan kepada Salah Seorang Warga Desa Srigonco | dokpri
 Masyarakat menyimak pelatihan tersebut dengan baik, hingga ada salah seorang warga yang maju ke depan ingin mencoba membuat kerajinan tersebut. Hal tersebut membuktikan bahwa masyarakat Desa Srigonco sangat senang apabila pelepah pisang yang selama ini hanya menjadi limbah ternyata dapat dimanfaatkan menjadi kerajinan. Ini bisa menjadi peluang bisnis baru bagi masyarakat Desa Srigonco yang di wilayahnya disuburi dengan pohon pisang. Sehingga mencari pelepah pisang untuk dijadikan kerajinan bukan menjadi masalah bagi masyarakat Desa Srigonco.

Pelatihan Kerajinan Pelepah Pisang adalah pelatihan terakhir yang dilaksanakan Mahasiswa KKN UM Srigonco. Pada penutupan kegiatan pelatihan tersebut, Pak Bambang selaku Kepala Desa Srigonco mengharapkan kerjasama dengan Universitas Negeri Malang (UM) untuk membantu mengembangkan Desa Srigonco melalui kegiatan KKN kedepannya.

Penulis : Fakhrur Rozi

Fotografer : Nurul Fajriah Andini

VIDEO PILIHAN
KONTEN MENARIK LAINNYA
x