OKU Timur -- Mahasiswa Kuliah Kerja Nyata (KKN) Universitas Nurul Huda melaksanakan program Digitalisasi UMKM melalui Banner Profil Usaha di Desa Taman Mulyo, Kecamatan Semendawai Suku III, Kabupaten OKU Timur. Program ini digagas sebagai solusi atas minimnya media promosi yang dimiliki pelaku UMKM di desa tersebut.Berdasarkan hasil observasi, sebanyak 11 pelaku UMKM masih mengandalkan promosi tradisional dari mulut ke mulut, tanpa memiliki identitas visual atau media promosi yang memadai. Hal ini berdampak pada terbatasnya jangkauan pasar dan rendahnya daya saing dengan usaha sejenis.
"Kami berharap banner ini menjadi langkah awal UMKM memahami pentingnya branding, sekaligus membantu memperluas jangkauan pasar," ujar salah satu anggota KKN, Fa'iza.
Pelaksanaan program meliputi tahap observasi, desain, pencetakan, hingga distribusi banner kepada pelaku UMKM. Kegiatan ini mendapat sambutan positif dari masyarakat yang mengaku terbantu dengan hadirnya media promosi sederhana namun efektif. Selain distribusi, tim KKN juga memberikan sosialisasi mengenai pemanfaatan banner sebagai sarana branding.
Follow Instagram @kompasianacom juga Tiktok @kompasiana biar nggak ketinggalan event seru komunitas dan tips dapat cuan dari Kompasiana. Baca juga cerita inspiratif langsung dari smartphone kamu dengan bergabung di WhatsApp Channel Kompasiana di SINI