Mohon tunggu...
Evri Dayanti
Evri Dayanti Mohon Tunggu... UNIVERSITAS INDRAPRASTA PGRI

Pendidikan Matematika

Selanjutnya

Tutup

Ilmu Alam & Teknologi

Sering Diabaikan, Inilah 7 Manfaat Tidur Siang

16 Mei 2021   23:21 Diperbarui: 16 Mei 2021   23:34 156 6 0 Mohon Tunggu...

Aktivitas yang padat kerap membuat orang-orang mengabaikan pentingnya tidur siang. Padahal tidur siang merupakan relaksasi tubuh dari segudang aktivitas yang dikerjakan dan untuk menenangkansaraf-saraf yang tegang akibat aktivitas yang dijalani. Tidur siang yang cukup tidak hanya baik untuk kesehatan fisik, tetapi juga untuk kesehatan mental.

Berikut ini adalah 7 manfaat tidur siang :

1. Meningkatkan Daya Ingat

Manfaat tidur siang diketahui baik untuk menambah energi dan kinerja otak. Suatu riset menyebutkan bahwa rutin tidur siang bisa bermanfaat untuk menambah daya ingat atau memori dan kemampuan untuk mengolah informasi atau mempelajari hal-hal baru.

Oleh karena itu, jika Anda ingin mempelajari atau menghafal materi, sebaiknya dilakukan setelah tidur siang. Hal ini mampu membuat Anda lebih fokus dan mudah mengingatnya. Tidur siang pun dipercaya baik untuk mencegah pikun atau demensia.

2. Bisa Memperbaiki Mood

Ketika kamu merasa sedih, cobalah untuk tidur siang karena bisa membantu menaikkan mood. Tidur siang atau bahkan hanya beristirahat selama satu jam tanpa tertidur dapat mencerahkan pandangan.

Para ahli mengatakan jika relaksasi yang berasal dari berbaring atau istirahat merupakan cara tepat untuk mendorong suasana hati. Karena itu, usahakan untuk tidur siang meski hanya beberapa saat saja.

3. Meningkatkan Kesehatan Tubuh

Kurang tidur menyebabkan kelebihan hormon kortisol dalam tubuh kita. Kortisol, atau yang lebih dikenal dengan sebutan hormon stres, membantu kita dalam respon anggota tubuh. Kelebihan kortisol meningkatkan intoleransi glukosa dan lemak perut, melemahkan sistem otot dan kekebalan tubuh, Mengurangi tingkat hormon pertumbuhan dan testosteron pada tubuh kita akan membantu mencegah hal ini. Efek dari kelebihan hormon ini akan merusak dan dapat menyebabkan diabetes dan penyakit jantung.

4. Mengurangi Stress

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
VIDEO PILIHAN