Mohon tunggu...
E.T Hani Wally
E.T Hani Wally Mohon Tunggu... Travelling yogini

http://www.traveleatyoga.com/ IG: traveleat_yoga

Selanjutnya

Tutup

Kesehatan Artikel Utama

Surya Namaskara Peningkat Imun

20 Juni 2020   18:39 Diperbarui: 21 Juni 2020   05:24 114 12 2 Mohon Tunggu...
Lihat foto
Surya Namaskara Peningkat Imun
Urdhva hastottanasana - dokumen pribadi

When the breath wanders the mind also is unsteady. But when the breath is calmed the mind too will be still, and the yogi achieves long life. Therefore, one should learn to control the breath. - Hatha Yoga Pradipika

Apa itu Yoga?

Dari bahasa sansekerta Yuj, yoga diartikan penyatuan. Penyatuan mind, body dan  soul secara menyeluruh, penyatuan manusia dengan alam. Swami Sivananda Saraswati dari Rishikesh, India bagian utara menjelaskan pengertian yoga adalah "... integration and harmony between thought, feeling and deed, or integration between head, heart and hand".  Mereka yang melakukan yoga disebut yogi (laki-laki) atau yogini (perempuan).  

Bagi saya, yoga adalah yoga -  tidak ada kaitannya dengan satu agama atau aliran kepercayaan. Yoga adalah olah tubuh yang menyelaraskan tubuh, pikiran dan jiwa. Berfokus pada kekuatan diri kita, latihan fisik tanpa ribet dan ga perlu sepatu keceh, bisa dilakukan di mana saja, kapan saja oleh siapa saja. Sesederhana itu!

Perlu digarisbawahi, bahwa yoga merupakan warisan budaya India, negara yang mayoritas kepercayaannya beragama Hindu. Maka tak perlu protes saat mendalami yoga, kita akan menemui kesamaan terminologi yoga dan istilah-istilah yang ada dalam agama Hindu. Sama halnya kita sangat fasih melafalkan istilah-istilah Latin dalam ilmu kedokteran, istilah-istilah Tiongkok dalam belajar tai chi, atau belajar dasar-dasar Akuntansi dengan literasi dalam bahasa Inggris. 

Delapan Bagian Yoga

Yoga Sutra, yang ditulis oleh Maha Rsi Patanjali menyebutkan 8 limbs of yoga (8 tahapan yoga); 

  1. Yama (larangan)
  2. Niyama (disiplin diri)
  3. Asana (postures)
  4. Pranayama (teknik pernafasan)
  5. Pratyahara (pengaturan indra)
  6. Dharana (konsentrasi)
  7. Dhyana (meditasi)
  8. Samadi (totalitas dalam keseimbangan)

Bagian ketiga Asana (postur) yang kemudian populer di dunia barat dan timur, termasuk di Indonesia. Bentuk latihan fisik yang awalnya hanya ada 84 gerakan kini berevolusi menjadi ribuan postur yang diajarkan dalam gaya yoga yang beragam; Hatha yoga, Kundalini yoga, Raja yoga, Karma yoga, Bikram yoga, Inside yoga, Prenatal yoga dan lain sebagainya. 

Tidak ada salah memang, jika ada yang bertanya apa itu yoga, masyarakat zaman now akan menyebut Asana sebagai jawabannya. Dari buku yang saya baca "Hatha Yoga Pradipika" Hal pertama yang dibahas adalah Asana.

 "Hathasya prathamaangatvaadaasanam poorvamuchyate. Kuryaattadaasanam sthairyamaarogyam chaangalaaghavam - Prior to everything, asana is spoken of as the first part of hatha yoga. Having done asana, one attains steadiness of body and mind, freedom from disease and lightness of the limbs

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
VIDEO PILIHAN
KONTEN MENARIK LAINNYA
x