Mohon tunggu...
Ervinda IkaNur
Ervinda IkaNur Mohon Tunggu... Mahasiswa - mahasiswa

Pendidikan

Selanjutnya

Tutup

Ruang Kelas Pilihan

Mengulas Asesmen di Ruang Kelas

26 Februari 2024   12:50 Diperbarui: 26 Februari 2024   12:51 320
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Kegiatan magang PPL yang dilaksanakan oleh Mahasiswa PPG Prajabatan Gelombang 2 Tahun 2023 Universitas PGRI Madiun melaksanakan pembelajaran asesmen disekolah SMP Negeri 14 Kota Madiun untuk menganalisis dan mengulas asesmen di ruang kelas yang telah dilaksanakan. Melalui pembelajaran asesmen ini dilaksanakan pada  Mata Pelajaran Matematika, Kelas VIII, Fase D, dengan Capaian Pembelajaran ; Persamaan garis lurus. Tujuan Pembelajaran ; Peserta didik dapat menjelaskan pengertian dan contoh dari gradient dan Peserta didik dapat menyelesaikan permasalahan kontekstual yang berkitan dengan gradien. Jenis Asesmen (Formatif/Sumatif) ; Formatif. Bentuk Asesmen (soal tertulis/projek/unjuk kerja/dll); Soal Tertulis.

Bagian mana dalam asesmen tersebut yang menunjukkan kesesuaian dengan tahapan perkembangan peserta didik? Jelaskan!

Menurut Hanafiyah, N. (2012), Pembelajaran afektif merupakan proses yang kompleks dan membutuhkan strategi yang tepat untuk mencapai tujuannya. Strategi ini harus fokus pada pengembangan nilai-nilai positif dan membantu peserta didik untuk menginternalisasikan nilai-nilai tersebut dalam diri mereka.

Strategi pembelajaran afektif:

  • Berhubungan dengan nilai (value) yang sulit diukur karena menyangkut kesadaran sikap seseorang dari dalam dirinya.
    • Bertujuan untuk mengembangkan aspek afektif peserta didik, termasuk nilai-nilai dan sikap mereka.
      • Membutuhkan strategi yang tepat untuk mencapai tujuannya.

Asesmen pembelajaran:

  • Berfokus pada kognitif, afektif, dan psikomotorik.
    • Pada aspek kognitif, asesmen dapat mengukur keterampilan berpikir kritis, memecahkan masalah, kreatif, dan logis.
      • Pada aspek afektif, asesmen dapat mengukur sikap dan nilai, seperti sikap sosial, mandiri, dan tanggung jawab.
      • Pada aspek psikomotorik, asesmen dapat mengukur keterampilan fisik.

Hubungan antara strategi pembelajaran afektif dan asesmen:

  • Strategi pembelajaran afektif yang efektif membantu peserta didik dalam mengembangkan nilai-nilai positif dan mengamalkannya dalam kehidupan mereka.
    • Asesmen afektif dapat membantu guru untuk mengevaluasi efektivitas strategi pembelajaran afektif dan mengidentifikasi area yang perlu ditingkatkan.

Bagian pada aasesmen yang menunjukkan kesesuaian dengan tahapan perkembangan peserta didik ketika  peserta didik diberikan soal pembelajaran yang disesuaikan dengan kemampuan peserta didik. Peserta didik diminta untuk menganalisis soal yang diberikan secara berkelompok dan membuat penyelesaian sesuai dengan pemahaman yang diketahuinya. Dengan adanya momen menganalisis soal dan penyelesaiinya tersebut peserta didik yang memiliki kemampuan rendah menyeselsaikan soal soal yang mudah dan rekan kelompok yang memiliki kemampuan tinggi bertanggungjawab untuk menyelesaikan soal yang dianggap lebih sulit serta memantu rekan kelompok untuk menyelesaikan seluruh soal. 

Pada proses ini kasus ini peserta didik diharapkan mampu menyelesaikan masalah melalui soal yang disajikan dan belajar merencanakan penyelesaian soal sehingga mampu menarik kesimpulan dan informasi untuk menjawab soal yang berkaitan dengan menentukan persamaan garis lurus dengan tepat.

Dok. Pribadi
Dok. Pribadi

Bagian mana dalam asesmen tersebut yang menunjukkan kesesuaian dengan perlunya mempertimbangkan aspek lingkungan budaya dan karakteristik peserta didik? Jelaskan!

Jean Piaget dalam Darmadi, memiliki pandangan bahwa perkembangan kognitif ialah suatu proses genetik (Darmadi, 2017), Pada tahapan perkembangan kognitif, manusia mengalami kemajuan sesuai dengan usianya. Misalnya, anak-anak memiliki pola pikir yang berbeda dengan orang dewasa. Seiring bertambahnya usia, kemampuan berpikir seseorang cenderung meningkat dan menjadi lebih kompleks. Sehingga, semakin tua seseorang, kemampuan berpikirnya cenderung menjadi lebih matang dan mendalam (Simanjuntak & Siregar, 2022).

 Penilaian formatif memberikan kesempatan untuk memberikan umpan balik secara teratur kepada peserta didik, membantu mereka belajar secara lebih efektif sesuai dengan kebutuhan dan karakteristik individu mereka. Dalam konteks penilaian yang mencerminkan perlunya mempertimbangkan lingkungan budaya dan karakteristik peserta didik, dalam kegiatan pembelajaran seperti diskusi kelompok, asesmen diberikan kepada peserta didik dengan pertanyaan tentang "norma-norma yang berlaku di lingkungan sekitar dan di lingkungan sekolah."

Menurut Khasanah & Darsinah (2022), Perkembangan psikomotorik siswa mengacu pada aktivitas fisik yang terkait dengan fungsi mental dan psikologis. Ini melibatkan tindakan dan keterampilan yang terjadi sebagai hasil dari proses mental dan psikologis. Dengan kata lain, psikomotorik adalah segala aktivitas fisik yang dipengaruhi oleh proses mental dan psikologis.

Asesmen yang menunjukkan kesesuaian dengan lingkungan budaya dan karakteristik peserta didik dilakukan untuk memudahkan peserta didik dalam menggiring opini masuk kedalam pembelajaran Hal ini dilakukan untuk memberikan kesempatan peserta didik dapat berfikir kreatif dalam memahami persoalan yang sedang dibahas dalam pembelajaran dengan mengaitkan pengetahuan dan pengalaman pribadinya sesuai dengan lingkungan budaya dan karakteristik peserta didik. Bagian asesmen yang sesuai dengan haltersebut adalah pada bagian awal pemantik, dimana ada ilustrasi tentanf garis lurs yang dikaitkan dengan slahsatu ke khas an di daerah tersebut guna menanamkan bembelajaran yang mempertimbangkang aspeng lingkungan budaya.


Bagian mana dalam asesmen tersebut yang menunjukkan kesesuaian dengan kemampuan peserta didik? Jelaskan!

Bagian yang menunjukkan kesesuaian dengan kemampuan peserta didik, melalui tujuan pembelajaran yang menyatakan bahwa "Dengan kegiatan diskusi berkelompok, Peserta didik mampu meyelesaikan soal yang berkaitan dengan persamaan garis lurus dengan tepat." Hal tersebut bertujuan untuk mengetahui sejauh mana kemampuan pemahaman peserta didik terkait materi pembelajaran tersebut. Tercapai atau tidaknya tujuan pembelajaran tersebut dapat menjawab bahwa asesmen telah sesuai dengan kemampuan peserta didik.

Dok. Pribadi
Dok. Pribadi

Bagian mana dari asesmen tersebut yang menunjukkan kesesuaian bahwa sudah memberikan ruang bagi peserta didik untuk memberikan umpan balik terhadap proses pembelajaran mereka?

Bagian dari asesmen yang menunjukkan kesesuaian bahwa sudah memberikan ruang bagi peserta didik untuk memberikan umpan balik terhadap proses pembelajaran mereka adalah ketika memberikan kesempatan pada peserta didik untuk dapat menyampaikan argumen dan pemahamannya tentang pembelajaran yang sedang dibahas yang dituangkan dalam jawaban soal individu di akhir pembelajaran. 

Melalui soal tersebut pendidik dapat mengetahui bagaimana peserta didik memberikan umpan balik selama proses pembelajarannya dan hal apa saja yang telah ia terima selama pembelajaran hal tersebut juga berfungsi untuk mengetahui dan memberikan informasi atau umpan balik tentang bagaimana pendidik dan peserta didik dapat memperbaiki proses belajar sekaligus sebagai wadah untuk mengetahui kekuatan dan kelemahan peserta didik dalam menyelesaikan permasalahan tersebut.

Dok. Pribadi
Dok. Pribadi


Jika Anda menjadi guru di kelas tersebut, hal apa yang ingin Anda tingkatkan untuk lebih memaksimalkan efektivitas asesmen dengan memperhatikan tahapan perkembangan peserta didik, lingkungan budaya dan karakter peserta didik, serta kemampuan peserta didik? Tuliskan pendapatmu secara lengkap!

Jika saya menjadi guru dikelas tersebut, saya ingin mengembangkan asesmen dengan melibatkan perkembangan zaman, menyususn menjadi asesmen yang memiliki kepraktisan dalam penggunaannya namun dapat memeberikan efek / pengaruh yang besar terhadap peserta didik.   

Salah satu cara yang ingin saya terapkan adalah dengan mengmbangkan asesmen dengan memanfaatkan teknologi dengan memperhatikan asepek perkembangan peserta didik, lingkungan budaya dan karakteristik peserta didik dan kemampuan peserta didik. Hal itu dilakukan untuk dapat mengkuti perkembangan zaman serta dapat mengikuti  beberapa hal yang sedang digandrungi oleh peserta didik, agar memiliki daya tarik yang lebih untuk peserta didik.


Dok. Pribadi
Dok. Pribadi

 

Daftar Pustaka

Alifah, F. N. (2019). Pengembangan Strategi Pembelajaran Afektif. Jurnal Pendidikan Agama Islam: Tadrib, 5(1), 68--86. https://doi.org/10.19109/tadrib.v5i1.2587

Khasanah, S. U., & Darsinah. (2022). Implementasi Pembelajaran Berbasis Proyek Dalam Perkembangan Psikomotorik Peserta Didik Usia Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan Dasar Flobamorata, 3(1), 281--287. https://doi.org/10.51494/jpdf.v3i1.666

Simanjuntak, K., & Siregar, R. S. (2022). Perkembangan Kognitif Peserta Didik dan Implementasi dalam Kegiatan Pembelajaran. Jurnal Riyadhah, 1(1), 111--124. https://www.jurnal.staini.ac.id/index.php/riyadhah

 

 

Mohon tunggu...

Lihat Konten Ruang Kelas Selengkapnya
Lihat Ruang Kelas Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun