Mohon tunggu...
Erni Wardhani
Erni Wardhani Mohon Tunggu... Guru - Guru, penulis konten kreator (Youtube, Tiktok), EO

Guru SMKN I Cianjur, Tiktok, Youtube, Facebook: Erni Wardhani Instagram: Erni Berkata dan Erni Wardhani. Selain itu, saya adalah seorang EO, Koordinator diklat kepala perpustakaan se-Indonesia, sekretaris bidang pendidikan Jabar Bergerak Provinsi, Pengurus Komunitas Pengajar Penulis Jawa Barat, Pengurus Komunitas Pegiat Literasi Jawa Barat, Pengurus IGI kabupaten Cianjur, sekretaris Forum Kabupaten Cianjur Sehat, Founder Indonesia Berbagi, Tim pengembang Pendidikan Kantor Cabang Dinas Pendidikan Wilayah VI Provinsi Jawa Barat, Humas KPAID Kabupaten Cianjur.

Selanjutnya

Tutup

Pendidikan

Tugas 1.3.a.6 Demonstrasi Kontekstual Modul 1.3 Visi Guru Penggerak (IA - BAGJA)

3 Oktober 2022   21:30 Diperbarui: 3 Oktober 2022   21:52 29613
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Pendidikan. Sumber ilustrasi: PEXELS/McElspeth

Fasilitator: Bambang Effendi

Pengajar Praktik: Hertin Nopianti

Pada modul ini, saya akan mencoba memaparkan tentang paradigma Inquiry Apresiatif, Kalimat Prakarsa perubahan dan Menyusun BAGJA

Tujuan Pembelajaran Khusus:

  1. CGP berlatih menerapkan paradigma Inkuiri Apresiatif untuk mengidentifikasi potensi diri dan membuat kalimat prakarsa perubahannya.
  2. CGP berlatih menyusun BAGJA menurut kalimat prakarsa perubahan diri yang telah dibuat untuk kemudian menjalankannya.

1.Paradigma Inquiry Apresiatif 

merupakan manajemen perubahan yang bersifat kolaboratif dan berbasis kekuatan. Inquiry Apresiatif menggunakan prinsip-prinsip utama psikologi positif di sekolah. Jadi, bukan hal negatif yang diangkat, melainkan mengubah hal negative tersebut menjadi bunyi yang positif terlebih dahulu, sehingga akan berdampak positif dan menimbulkan sugesti yang baik pula. Tahapan pertama bisa dengan mengidentifikasi hal positif apa/ potensi yang ada di sekolah, dan mencari cara bagaimana hal tersebut dipertahankan. Dan memunculkan strategi untuk memunculkan strategi untuk mewujudkan kea rah yang lebih positf.

2. Kalimat Prakasra Perubahan

Mengembangkan Kemandirian Murid yang Berprofil Pelajar Pancasila

3.Rancangan Tindakan Perubahan Berdasarkan BAGJA

BUAT PERTANYAAN UTAMA (B)

PERTANYAAN:

1. Apa yang harus dilakukan agar murid memiliki nilai Profil Pelajar   Pancasila?

Tindakan:

  • Mencari informasi terkait berbagai cara menerapkan Profil Pelajar  Pancasila.
  • Mengumpulkan data berdasarkan pengamatan dan survei pada murid.
  • Mengajak warga sekolah untuk bertukar pikiran terkait pengembangan nilai Profil Pelajar Pancasila.
  • Melakukan studi banding dengan sekolah yang telah berhasil menerapkan Profil Pelajar Pancasila.

AMBIL PELAJARAN (A)

PERTANYAAN:

1. Siapakah di sekolah yang pernah berpengalaman menerapkan penguatan   Profil Pelajar Pancasila di dalam Pembelajaran di kelas?

2. Aktivitas apa saja yang dapat membuat murid menjadi lebih mandiri?

3. Situasi apa yang dapat kita lihat dalam pembelajaran yang dapat meningkatkan kemandirian murid

4. Keterampilan apa guru memiliki dan membantu mewujudkan pembelajaran yang dapat meningkatkan kemandirian murid.

TINDAKAN:

  • Mencari contoh nyata bagaimana pembelajaran yang dapat meningkatkan kemandirian anak dapat berjalan (lewat wawancara/korespondensi studi literatur secara mandiridan kolaborasi)
  • Survey pengalaman, pendapat guru, KS, Pengawas sekolah, murid, Orang tua, dsb.        

GALI MIMPI (G)

PERTANYAAN:

 1. Apakah kebiasaan-kebiasaan baru yang saya bayangkan jika terjadi kemandirian anak yang menerapkan nilai Profil Pelajar Pancasila?

TINDAKAN:

: 1. Membuat gambaran sikap dan respon murid tentang kemandirian melalui wawancara. Contoh hasil: murid-murid menjadi lebih kreatif, tanggung jawab, jujur.

2. Membuat daftar pengalaman dan pencapaian yang guru telah peroleh dari pembelajaran yang telah berhasil membuat anak menjadi mandiri dalam menerapkan Profil Profil Pelajar Pancasila.

3. .Membuat deskripsi sikap guru dalam merespon ketidak mandirian anak dalam pembelajaran.

JABARKAN RENCANA (J)

PERTANYAAN:

1. Apa langkah awal yang bisa dilakukan untuk mengembangkan pembelajaran  yang dapat meningktkan kemandirian murid?

2. Apa langkah perubahan yang dapat dilakukan untuk meningkatkan kemandirian murid di kelas?

TINDAKAN

  • Membuat daftar pertanyaan untuk mengetahui tentang
  • Apa saja pola pikir yang menunjukan kemandirian
  • Apa saja sikap yang menunjukan karakter kemandirian murid
  • Mengadakan penguatan Profil  Pelajar Pancasila.

ATUR EKSEKUSI (A)

PERTANYAAN:

  • Siapakah yang dapat mengarahkan dan memantau guru dalam menerapkan dan mengembangkan pembelajaran yang dapat meningkatkan kemandirian murid?
  • Siapakah yang dapat memulai budaya belajar yang apresiatif?
  • Siapakah yang dapat menyelaraskan interaksi setiap orang agar dapat bersama sama menciptakan masa depan yang diharapkan?
  • Bagaimana cara mendesain pola komunikasi dan pengelolaan rutinitas

TINDAKAN PENYELIDIKAN

  • Menyusun siapa saja tim kerja dan deskripsi kerja setiap anggota

SALAM GURU PENGGERAK!!!

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
  4. 4
Mohon tunggu...

Lihat Konten Pendidikan Selengkapnya
Lihat Pendidikan Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun