Mohon tunggu...
Erna PujiLestari
Erna PujiLestari Mohon Tunggu... Mahasiswa - Mahasiswa Universitas Diponegoro

Mahasiswa Universitas Diponegoro

Selanjutnya

Tutup

Ilmu Sosbud & Agama

Solusi Inovatif, Mahasiswa KKN UNDIP Kenalkan Aplikasi New SAKPOLE dan Berikan Pelatihan Packing serta Digital Marketing di Desa Tegalombo

2 Agustus 2021   09:41 Diperbarui: 3 Agustus 2021   13:26 110 2 1 Mohon Tunggu...
Lihat foto
Solusi Inovatif, Mahasiswa KKN UNDIP Kenalkan Aplikasi New SAKPOLE dan Berikan Pelatihan Packing serta Digital Marketing di Desa Tegalombo
upload-1-6107596ac0cfa115ef6ef682.jpg

Pandemi Covid-19 tak menghalangi Mahasiswa Universitas Diponegoro untuk tetap melakukan pengabdian masyarakat sebagai tri dharma perguruan tinggi. Melalui program KKN Pulang Kampung TIM II Tahun 2020/2021 yang dilaksanakan pada 30 Juni-12 Agustus 2021. 

Erna Puji Lestari, Mahasiswa Administrasi Publik, Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik sukses memberikan pendampingan dan sosialisasi aplikasi New SAKPOLE sebagai inovasi layanan publik oleh BAPENDA Jawa Tengah, dan memberikan ide peluang usaha baru berupa pelatihan pengemasan dan pemasaran produk carang madu sebagai peluang usaha baru bagi pemuda Desa Tegalombo dalam mendukung potensi  kearifan lokal Desa Tegalombo.

Solusi Praktis Bayar Pajak Kendaraan Bermotor #Dirumahsaja, Mahasiswa KKN UNDIP Kenalkan Aplikasi New SAKPOLE (E-Samsat Jawa Tengah)

Pati (14/7) - Pandemi Covid-19 memaksa setiap orang beralih dari tatanan dan kebiasaan konvensional menjadi serba digital. Sebenarnya membayar pajak kendaraan merupakan perkara yang mudah. 

Namun, problem klasik pelayanan publik menyebabkan wajib pajak enggan memenuhi kewajibannyam dikarenakan akses pembayaran pajak dan antrean yang panjang. Data Bapenda Provinsi Jawa Tengah Tahun 2020 terdapat kesenjangan antara target dan realisasi pajak kendaraan bermotor yang sangat signifikan sebesar 45%.  

E-government menjadi solusi dalam rangka memberikan pelayanan publik yang prima di tengah pandemi Covid-19 kepada masyarakat melalui digitalisasi layanan. Adanya aplikasi "New SAKPOLE" menjadi solusi tersendiri bagi wajib pajak di Jawa Tengah untuk membayar pajak tanpa mengantre. Namun, masih banyak masyarakat yang belum mengetahui inovasi e-samsat Provinsi Jawa Tengah.

Untuk mengatasi permasalahan tersebut, Erna Puji Lestari, Mahasiswa Administrasi Publik Universitas Diponegoro melalui KKN TIM II UNDIP 2020/2021, melakukan sosialisasi dan pendampingan penggunaan aplikasi "New SAKPOLE" kepada masyarakat di Desa Tegalombo, Kecamatan Dukuhseti Kabupaten Pati. 

"New SAKPOLE" merupakan singkatan dari Sistem Administrasi Pajak Online, yang mampu memberikan kemudahan bagi masyarakat Jawa Tengah dalam membayar pajak dan mendapatkan pengesahan serta informasi kendaraan bermotor dengan memanfaatkan perangkat smartphone sebagai media, sehingga masyarakat tidak perlu mengantre dalam mengurus pajak. Melalui aplikasi "New Sakpole", masyarakat bisa melakukan perpanjangan STNK di Jateng di mana saja.

Program dilaksanakan atas mininmnya pengetahuan dan pemahaman tentang inovasi e-government dan kurangnya pemanfaatan teknologi informasi dalam memudahkan pelayanan publik oleh masyarakat Desa Tegalombo. 

Dalam kegiatan tersebut mahasiswa KKN tak hanya memberikan penjelasan tetapi juga memberikan modul untuk memudahkan masyarakat terkait penggunaan aplikasi dan juga pendampingan offline secara door to door dan online melalui group whatsApp RT. 02 RW.01 Desa Tegalombo, mengingat diberlakukannya kebijakan PPKM Darurat.

Dari pelaksanaan program didapatkan berbagai macam respon salah satunya Kepala Desa Tegalombo, "programnya bagus nanti dijelaskan lebih rinci tahap-tahapnya ketika sosialisasi karena masih banyak warga Tegalombo yang kurang menguasai penggunaan smartphone". 

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
VIDEO PILIHAN
KONTEN MENARIK LAINNYA
x