Mohon tunggu...
Edy Priyatna
Edy Priyatna Mohon Tunggu... Administrasi - Karyawan Swasta

Kata yang indah adalah keluar dari mulut manismu............... Buku GEMPA, SINGGAH KE DESA RANGKAT, BUKU PERTAMA DI DESA RANGKAT.

Selanjutnya

Tutup

Puisi Pilihan

Puisi | Akan Tetapi Telah Menyadarkan Semua Mata

21 Juli 2019   10:17 Diperbarui: 21 Juli 2019   10:21 73
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
sumber: casaemmaussfma.blogspot.com

Puisi : Edy Priyatna

Hamba terhempas pada batu cadas. Nan terpecahkan oleh waktu. Padahal baru kemarin pencari kembali pulang. Setelah desa dilanda gempa. Deru kumandang suara pujian pun. Bersisa masih sayup terdengar. Menjadi hiasan batang ranting pohon. Berasap aroma wewangian kayu. Rumah pengurus pengelola tertinggi.

Sementara senja menjadi atap. Warga negara kita selalu bermasalah. Membuat lelah semua jiwa. Antara habisnya harapan hidup. Waktu berkata di nilai sederhana. Saat orasi di anggap dusta. Tak selalu pernah di gubris. Hingga semua kata tak bermakna. Pengusaha telah kehilangan hati.

Terserempak hadir dengan ikhlas. Sonder senjata jangan atribut tanpa suara. Melakukan berbuat unjuk rasa. Bertemankan api meninggalkan suara raga. Serbuk butiran arang melekat pada sandang lusuh. Mentari menyoroti sinarnya nan jauh. Hingga menyerap rasa panas. Menghitung noktah titik demi titik.

Berasaskan sawah ladang kering. Dari kejauhan kembali terlihat. Menari rentak dengan paculnya. Para petani mulai membersihkan lahan. Mungkin sejarah pertama bangsa ini. Akan bermakna bagi rakyatnya. Sementara penguasa amat menyayangkan. Kendati simpati maupun sangat prihatin. Akan tetapi telah menyadarkan semua mata. Membangunkan jiwa untuk melangkah di pagi hari.

(Pondok Petir, 06 Juli 2019)

Mohon tunggu...

Lihat Konten Puisi Selengkapnya
Lihat Puisi Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun