Mohon tunggu...
Endro S Efendi
Endro S Efendi Mohon Tunggu... Penulis & Trainer Teknologi Pikiran

Intens mendalami hipnoterapi berbasis teknologi pikiran untuk membantu kualitas hidup manusia pada aspek mental, emosi, dan spiritual. Sehari-hari, aktif sebagai penulis dan hipnoterapis klinis, juga sebagai pembicara publik. Aktif menulis artikel di blog pribadi www.endrosefendi.com Juga aktif membuat konten video di https://www.youtube.com/user/endroeffendi

Selanjutnya

Tutup

Kesehatan Artikel Utama

SPR, Bagian Otak yang Tugasnya Mewujudkan Impian

9 November 2019   19:11 Diperbarui: 9 November 2019   22:55 0 4 1 Mohon Tunggu...
SPR, Bagian Otak yang Tugasnya Mewujudkan Impian
pixabay

Napoleon Hill dalam buku klasiknya Think and Grow Rich pada 1937 menyatakan, jika Anda bisa memikirkan sesuatu dengan jelas dan benar-benar memikirkannya, Anda bisa mencapainya. Padahal ketika itu, Napoleon Hill tidak memiliki latar belakang ilmu kedokteran, pemindai otak hingga teknologi pikiran.

Kalimat di atas adalah pembuka dari buku The Answer karangan Allan dan Barbara Pease yang menjadi salah satu buku best seller internasional.

Disebutkan, di masa lalu, terkadang banyak ungkapan atau pernyataan yang dianggap misteri bahkan tahayul. Seiring berjalannya waktu, penelitian ilmiah membuktikan betapa ilmu tentang pikiran, energi, hingga hal-hal yang tak kasat mata, nyatanya bisa dipelajari dan bisa dibuktikan keberadaannya.

Contoh paling sederhana adalah doa. Sesuatu yang tidak terlihat dan kasat mata. Namun memiliki energi dan keyakinan luar biasa. Sudah berapa banyak yang berhasil terwujud dari doa-doa yang Anda ucapkan?

Teori tentang tarik menarik energi, magnet rezeki, kekuatan pikiran dan teori serupa lainnya, nyatanya semakin banyak dipelajari dan kini makin banyak diterapkan dalam kehidupan sehari-hari.

Nah ternyata, secara ilmiah, Allah sudah memberikan satu komponen penting di otak setiap manusia, yang tugasnya khusus merespons impian setiap orang.

Bagian di otak itu namanya Sistem Pengaktifan Retikuler (SPR). Di otak, posisinya berada di batang otak mamalia yang dikenal sebagai Formasi Retikuler. SPR yang merupakan kumpulan serat saraf itu memiliki banyak fungsi penting. Dari mulai tidur dan bangun, bernafas, detak jantung, dan motivasi perilaku.

SPR juga memegang urusan gairah seksual, selera makan, proses metabolisme, hingga pengendali kesadaran. SPR juga berfungsi menyaring semua informasi yang masuk ke otak. Mana yang akan disimpan, dan mana yang akan diabaikan begitu saja. SPR adalah tempat pikiran, perasaan internal dan pengaruh luar saling bertemu. Apa pun yang sedang dilihat, diraba, didengar, dicicipi, semua akan direspons SPR. Pendek kata, SPR adalah kunci utama dalam memberikan rangsangan pada otak sekaligus menjadi pusat motivasi utama pada otak.

Setiap menit otak memproses lebih dari 400 juta bit informasi. Namun hanya 2 ribu bit yang bisa diproses secara sadar. Sisanya diproses tanpa kesadaran. Itu berarti, 99,9999 persen informasi yang muncul setiap hari di depan Anda, terlewat begitu saja tanpa diperhatikan.

Itulah hebatnya Allah menciptakan sistem kerja otak. Bayangkan jika ratusan juta bit informasi itu harus ditelan semuanya oleh otak, maka dijamin eror bahkan bisa gangguan jiwa alias gila. Maka itulah kenapa, mereka yang suka mikir. Bahkan apa saja dipikirkan, lama-lama akan eror sendiri.

SPR hanya menyaring informasi yang kita butuhkan saja dan memang dibutuhkan. SPR lah yang menjadi perantara antara pikiran sadar dan pikiran bawah sadar. Jika informasi yang dibutuhkan sudah masuk pikiran bawah sadar, maka selanjutnya tubuh akan diperintahkan melakukan tindakan fisik yang diperlukan untuk memberikan respons selaras dengan perintah yang diberikan sebelumnya oleh SPR.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
KONTEN MENARIK LAINNYA
x